04 Desember 2012

PERJALANAN JOKOWI DARI SOLO KE DKI



“Jokowi itu pemberian nama dari buyer saya dari Prancis,” demikian tutur Wali Kota Solo, Joko Widodo, saat ditanya asal muasal nama Jokowi yang kini disandangnya. Jokowi mengatakan bahwa begitu banyak nama dengan nama depan Joko yang jadi eksportir mebel kayu. Pembeli dari luar bingung untuk membedakan, Joko yang ini apa Joko yang itu. Makanya, dia terus diberi nama khusus, ‘Jokowi’ sebagai panggilan pembeda dari Joko-Joko lainnya. Panggilan itu kemudian melekat sampai sekarang. Di kartu nama yang dia berikan tertulis, Jokowi, Wali Kota Solo. Belakangan dia mengecek, di Solo yang namanya persis Joko Widodo ada 16 orang.

Saat ini, Jokowi menjabat untuk periode kedua. Kemenangan mutlak dengan mengantongi 90% suara tersebut diperolehnya saat pemilihan wali kota tahun lalu. Nama Jokowi kini tidak hanya populer, tapi kepribadiannya juga disukai masyarakat. Setidaknya, ketika pergi ke pasar-pasar, para pedagang beramai-ramai memanggilnya, atau paling tidak berbisik pada orang sebelahnya, “Eh..itu ada Pak Joko.”
Lalu bagaimana ceritanya sehingga dia bisa sampai begitu dicintai oleh masyarakat Solo serta kebijakan apa saja yang telah membuat rakyatnya senang?. Berikut satu petikan wawancara wartawan Republika, Ditto Pappilanda, dengan Jokowi dalam kebersamaannya sepanjang setengah hari di seputaran Solo.

Wartawan: Sikap apa yang Anda bawa dalam menjalankan karier sebagai birokrat?

Jokowi: Prinsip saya hanyalah bekerja untuk rakyat. Hanya itu, simpel. Saya enggak berpikir macam-macam, wong enggak bisa apa-apa. Mau dinilai tidak baik, silakan, mau dinilai baik, ya silakan. Saya kan tugasnya hanya bekerja. Enggak ada kemauan macam-macam. Enggak punya target apa-apa. Bekerja. Begitu saja.

"Saya kan tugasnya hanya bekerja. Enggak ada kemauan macam-macam. Enggak punya target apa-apa. Bekerja. Begitu saja."

Bener, saya tidak muluk-muluk dan sebenarnya yang kita jalankan pun semua orang bisa ngerjain. Hanya, mau enggak. Punya niat enggak. Itu saja. Enggak usah tinggi-tinggi. Sederhana sekali.

Contoh, lima tahun yang lalu, pelayanan KTP kita di kecamatan semrawut. KTP bisa dua minggu, bisa tiga minggu selesai. Tidak ada waktu yang jelas. Bergantung pada yang meminta, seminggu bisa, dua minggu bisa. Tapi, dengan memperbaiki sistem, apa pun akan bisa berubah. Menyiapkan sistem, kemudian melaksanakan sistem itu, dan kalau ada yang enggak mau melaksanakan sistem, ya, saya injak..... :)


1. Pakai Mobil Dinas Esemka.
Jokowi adalah Walikota Solo yang membeli mobil merk ESEMKA buatan anak bangsa dan dipakai sebagai mobil dinasnya. Suatu waktu ia pernah datang ke Jakarta dengan menggunakan ESEMKA dan setelah sampai di Jakarta ia berucap, "Mobil ini kuat, hanya radiatornya saja yang perlu saya tambahkan air".

2. Tidak Ambil Gaji 
Bekerja tanpa gaji. Itulah hal yang dilakukan Jokowi selama masa jabatannya menjadi wali kota Solo. Tidak pernah sekali pun gaji yang menjadi haknya itu diambil oleh pria berpostur kurus dan jelek ini (ini dia sendiri yang mengatakannya, simak dengan lengkap artikel ini hingga selesai).
Dengan tidak mengambil gaji bukan berarti Jokowi berlaku zalim pada diri dan keluarganya, namun baginya ada orang yang lebih membutuhkan uang tersebut ketimbang dirinya. Apalagi Jokowi dan istri memiliki usaha lain yang ditekuni sejak sebelum menjadi Walikota, yakni menjadi eksportir mebel. Dan taukah anda berapa gajinya saat ia menjabat menjadi Walikota Solo yang mengantongi 90% total dari total suara pemilih Solo periode 2010-2015 ini?. Rp.6,5 juta potong pajak jadi Rp.5,5 Juta perbulannya. Gaji anda pun mungkin jauh lebih besar dari gajinya. 

3. Menata PKL tanpa Unjuk Rasa.
Upaya Jokowi untuk menata PKL rupanya menggunakan pendekatan kemanusiaan. Metode pendekatan yang ia lakukan adalah dengan menjamu makan siang bersama PKL (Pedagang Kaki Lima) berkali-kali yang digelar Walikota jebolan Kehutanan UGM ini. Hingga pada akhirnya di makan siang ke-54, rencana Jokowi tersampaikan kepada para PKL dan disambut baik tanpa bentrok.

4. Membatasi Investor Mendirikan Mal.
Di sebagian besar kota di Indonesia, keberadaan mal sudah seperti jamur di musim penghujan. Izin mendirikan mal diberikan kepada investor lantaran hal ini dinilai menguntungkan bagi pendapatan daerah. Namun berbeda dengan Jokowi. Investor justru dibatasi untuk mendirikan mal.
Bagi pria yang sukses mem-branded Solo dengan motto “Solo: The Spirit of Java“ tersebut menggarap pasar tradisional jauh lebih menarik ketimbang memperbanyak mal. Sebab pasar tradisional akan lebih banyak menolong wong cilik. "Kalau yang mart-mart itu tidak menolong yang kecil. Investor itu tidak selalu asing. Karena kalau kecil dikelola dengan baik bisa mendatangkan yang besar. Ratusan ribu rupiah tidak apa-apa, tidak harus miliar," ucap Jokowi sesaat setelah menerima Bung Hatta Anticorruption Award 2010
Bahkan konon Jokowi kerap secara diam-diam mengecek langsung kualitas beton pembangunan gedung ataupun pasar dengan cara memukul-mukul bangunan itu dengan menggunakan palu untuk mengetahui kekuatan beton.

5. Tak Segan Memecat
Badan Jokowi boleh kurus, tapi jangan main-main dengannya. Jokowi tidak segan memecat pegawai di birokrasi yang tidak mau mendukung perbaikan sistem layanan publik. Hal tersebut dibuktikannya saat ia mencopot 1 camat dan 3 lurah saat perbaikan pelayanan KTP di Surakarta yang tadinya 2-3 minggu (tergantung pesanan) kini menjadi 1 jam dengan biaya 5ribu rupiah saja.

6. Pencinta Musik Rock
Sekilas penampilan Jokowi jauh dari kesan metal yang dekat dengan aliran musik keras tapi siapa sangka jika Jokowi merupakan kebalikannya. Ia adalah seorang pecinta musik cadas dengan koleksi musik keras seperti Deep Purple, Scorpion, Metallica, Napalm Death, Linkin Park dan masih banyak lagi.






GEBRAKAN, PEMANASAN JOKOWI-AHOK




1. Gubernur DKI Jakarta menjamin tidak akan ada "perceraian" dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.2. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan kesulitan membayar klaim rumah sakit.


3. Buruh yang berdemo di depan Balaikota Jakarta rela berhujan-hujanan menunggu Joko Widodo. Namun, Jokowi belum mau menemui mereka, Jokowi memasuki Balaikota lewat pintu belakang. Padahal, buruh sedang menantinya di halaman balaikota. Gubernur DKI Jakarta mengaku akan mengambil rumus sederhana dalam penetapan upah minimum provinsi UMP Jakarta asal perusahaan jalan.


4. Pemegang Kartu Sehat sudah bisa berobat di RS Dharmais. Meski begitu, Dharmais masih lebih banyak menerima pasien pemegang Jamkesda dan SKTM.



5. Buruh yang berdemo di depan Balaikota DKI kesal karena tidak bertemu Jokowi. Perwakilan buruh pun menemui Basuki yang sedang rapat. Forum Buruh DKI mengancam akan menduduki halaman gedung Balaikota Jakarta sampai tuntutan mereka terpenuhi. Hari itu, beberapa aliansi buruh se-DKI akan menggebrak Balaikota DKI untuk menuntut kembali UMP yang hari ini merupakan keputusan dari Pemprov.




6. Pasangan Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Jokowi-Ahok memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda. Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama melakukan kunjungan ke Sekolah MH Thamrin di Jalan Bambu Apus I, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu 14/11/2012. Usaha Forum Buruh Jakarta menuntut kenaikan upah terus berlanjut. Pagi ini beberapa perwakilan buruh berencana menemui Wakil Gubernur DKI. Untuk kesekian kalinya, Gubernur DKI Joko Widodo bertemu dengan Menpera Djan Faridz bersama dengan Menteri PU Djoko Kirmanto.


7. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo masih menunggu kejelasan megaproyek transportasi massal berbasis rel, "mass rapid transit" MRT. Joko Widodo mengakui bahwa Jakarta memang memerlukan MRT. Namun, dia masih tetap belum merestuinya karena hitungan bisnis yang tidak jelas.



8. Peluncuran Kartu Jakarta Pintar KJP kembali diundur, bukan bulan ini, melainkan bulan Desember 2012. 88 RS rujukan yang bekerjasama dengan Pemprov DKI diminta melayani pasien pemegang Kartu Jakarta Sehat. Jika tidak, Jokowi pastikan ada sanksinya.



9. Joko Widodo menilai diunduhnya beberapa kegiatan rapat dalam Youtube merupakan bukti keterbukaan di era kepemimpinannya.



10. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan penolakannya terhadap pembangunan jalan tol. Ia lebih memilih membangun sarana transportasi massal.


11. Jokowi menemui Menteri PU Djoko Kirmanto dan Menpera Djan Faridz untuk kembali membahas normalisasi Kali ciliwung.



12. Basuki kembali membuat bawahannya ketar-ketir. Ia mengancam akan menyelidiki dugaan penyimpangan yang terjadi di SMA Negeri Unggulan MH Thamrin. Wagub DKI Basuki mempertanyakan anggaran Rp 3,7 miliar yang tidak cukup membiayai Sekolah MH Thamrin. Dia keberatan sekolah masih memungut iuran. Semua sekolah di Jakarta bermasalah. Demikian penilaian Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Basuki menantang seluruh kepala sekolah untuk menyelesaikan rencana kegiatan anggaran sekolah RKAS dalam dua pekan ke depan. SMA MH Thamrin merupakan sekolah unggulan milik Pemprov DKI yang dibiayai APBD. Namun, setiap siswa dimintai dana operasional Rp 30 juta per tahun. Basuki mengingatkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta bahwa pungutan kepada orangtua siswa di sekolah yang dibiayai Pemprov DKI Jakarta sebagai pungli. Ketegasan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kepada anak buahnya mendapat pujian dari Jusuf Kalla dan Jokowi.


13. Joko Widodo berencana kembali menemui warga sekitar Kali Ciliwung untuk menyosialisasikan program normalisasi Ciliwung terkait pembangunan rusun. Wagub DKI Basuki bernafas lega. Sebab, DPRD DKI Jakarta mendukung Pemprov memangkas 25 persen anggaran di seluruh SKPD. Kepala Dinas Pertamanan DKI Jakarta Catharina Soerjowati mengaku belum memiliki rencana alternatif terkait dipangkasnya 25 persen anggaran..



14. Joko Widodo melepas 42 anggota Pramuka DKI Jakarta mengikuti kegiatan Perkemahan Putri Tingkat Nasional di Muarajambi.



15. Pemprov DKI Jakarta menawarkan kisaran UMP Rp 2.176.000, lebih tinggi dari yang direkomendasikan dewan pengupahan, yakni Rp 2.060.000. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan, besaran upah minimum provinsi menjadi wewenangnya. Belum ada ketetapan UMP sebesar Rp 2,2 juta.



16. Jokowi bertemu Jusuf Kalla di Masjid Sunda Kelapa untuk peringatan Tahun Baru Hijriyah. Joko Widodo mengatakan ingin membangun masjid raya di Jakarta. Sebab, dia baru tahu ternyata Istiqlal merupakan masjid milik negara. Acara Gebyar Muharram 1434 H dan Tabligh Akbar Tausyiah Muharram di Masjid Sunda Kelapa diramaikan dengan pencanangan penghijauan 1.000 masjid. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun masjid raya yang besar dan megah seperti Istiqlal di kawasan Kapuk, Jakarta Barat.



17. Saat berkunjung ke kawasan kumuh di Cideng, Jakbar, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menceritakan masa kecilnya yang sering menghadapi banjir. Ketika di kampung apung, mendengar anggaran 2011 sebesar Rp 14.750.000.000, Jokowi merasa terkejut karena, anggaran besar, tetapi saluran tidak selesai. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta kerja sama warga untuk menghindari terjadinya banjir dengan cara menggalang budaya hidup bersih.



18. Wagub DKI Basuki mengingatkan, SMA MH Thamrin harus mendukung anak kurang mampu, bukan menampung orang kaya. (yang punya alphard silahkan masuk ke al azhar ). Pemangkasan 25 persen dilakukan pada harga perkiraan sendiri HPS masing-masing proyek, bukan nilai proyek itu sendiri. Dinas DKI Jakarta menegaskan, kontraktor yang akan memenangkan tender harus mengedepankan harga yang tidak hanya murah, tetapi juga responsif.



19. Dewan Transportasi Kota Jakarta mendukung Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi, untuk menolak proyek pembangunan enam ruas jalan tol. Pemerintah pusat diminta mengeluarkan sikap tegas untuk menolak pembangunan enam ruas tol baru di Jakarta. Anggaran Rp 42 triliun untuk membangun enam ruas tol baru dapat menggratiskan layanan Transjakarta selama empat periode kepemimpinan gubernur. Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melayangkan kritik atas gaya kepemimpinan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.



20. Minggu 18/11/2012 genap 32 hari setelah pelantikan Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jokowi dilantik pada Senin 15/10/2012.



21. Senin 19/11/2012 ini, Gubernur DKI dan pimpinan DPRD DKI bertemu membahas penyelesaian kebijakan umum anggaran prioritas plafon anggaran 2013. Wagub DKI Jakarta meminta keseriusan Dinas Pendidikan DKI Jakarta memperbaiki SMA MH THamrin. Dia menegaskan agar hal tersebut benar dilaksanakan. Gubernur DKI Jokowi mengatakan akan segera meninjau ketersediaan daging sapi di rumah pemotongan hewan di Jakarta. Joko Widodo belum juga menetapkan besaran UMP DKI 2013. Ia mengaku masih belum mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pengupahan. Dokumen keputusan Dewan Pengupahan mengenai upah minimum provinsi UMP DKI Jakarta tahun 2013 sudah diserahkan ke Gubernur Joko Widodo,



22. Mendapat kritikan dari mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Wagub DKI Basuki menanggapinya santai. Menurutnya, Bang Yos beda dengan Jokowi. Menanggapi kritik dari Bang Yos, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan akan tetap blusukan ke kampung-kampung selama ia menjabat gubernur. Jokowi dikerubuti para santri di Pondok Pesantren Al Wathoniyah Asshodriyah 9, Cakung, Jakarta Timur, saat membagikan hadiah.



23. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengkaji kebijakan untuk mengembalikan jam masuk sekolah dari pukul 06.30 menjadi pukul 07.00.


24. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo segera bertemu PT MRT Jakarta untuk membahas keberlanjutan megaproyek transportasi massal berbasis rel itu. (Selasa, 20 November 2012 | 06:01 WIB)



25. Joko Widodo menilai kemacetan yang terjadi di Ibu Kota karena minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas. Joko Widodo kembali mengumpulkan seluruh kepala lurah dan kepala camat se-Jakarta.Setiap camat dan lurah di Jakarta akan mendapat dana Rp 3 miliar untuk membenahi wilayahnya. Jika tidak tuntas, sanksinya adalah pencopotan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menginginkan agar para lurah dan camat menguasai wilayahnya masing-masing. Para sopir angkutan umum yang berunjuk rasa hari itu menuntut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk tak mengesahkan raperda tentang transportasi. Joko Widodo menyatakan akan memenuhi tuntutan para para sopir angkot, dengan catatan ada dukungan serupa dari anggota dewan di DPRD DKI. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali menghadapi demonstran yang unjuk rasa di depan Balai Kota.



26. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mengesahkan nilai upah minimum provinsi sebesar Rp 2,2 juta. Para pengusaha berharap Jokowi lebih bijak dan realistis dalam memutuskan UMP, bukan sekadar memikirkan kesejahteraan buruh semata. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akhirnya menetapkan upah minimum provinsi 2013 sebesar Rp 2.200.000 dibulatkan dari ketetapan Dewan Pengupahan. Selasa, 20 November 2012 | 18:48 WIB



27. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menolak pembentukan tim independen untuk mengkaji kelanjutan proyek MRT. Hal itu dianggap bisa memakan waktu.



28. Kota Tua yang memiliki potensi daya tarik wisata rencananya akan segera dibenahi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Rabu, 21 November 2012 | 08:17 WIB


29. Setelah Gubernur DKI Joko Widodo menyambangi Gedung Lemhannas, Kamis 8/11/2012 lalu, kini giliran Gubernur Lemhanas, Budi Susilo Soepandji.


30. Gubernur DKI Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi wisata Setu Babakan untuk peninjauan kawasan wisata yang masih memiliki karakter kebetawian. Joko Widodo mengatakan telah menganggarkan Rp 291 miliar untuk pelestarian dan pengembangan Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan, Gubernur DKI Joko Widodo langsung diberi hidangan minuman khas Betawi, bir pletok. Kehadiran Jokowi di Setu Babakan disambut hangat tokoh Betawi. Mereka menyebut nama Jokowi singkatan dari Joko Betawi. Warga Betawi yang dikunjungi oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merasa terkesan dengan visi dan misinya untuk memajukan budaya Betawi. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengutarakan visinya agar Jakarta menjadi kota yang berkarakter Betawi. Jokowi mewajibkan pegawai Pemprov DKI memakai pakaian adat Betawi saat bekerja mulai tahun 2013. Selain ide soal baju PNS bercorak budaya Betawi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ingin agar bangunan-bangunan di Jakarta berdekorasi ala Betawi.



31. Wagub DKI Basuki mempertanyakan tugas Satpol PP DKI Jakarta yang mencapai tujuh ribu orang. Seperti biasanya, masyarakat yang ada menyambut antusias kedatangan Jokowi. Banyak dari warga yang berebut untuk berfoto dan bersalaman. Wagub DKI Basuki mengaku heran dengan kinerja dinas PU yang selalu menggunakan pihak ketiga untuk pengerjaan suatu proyek. Masih dalam rapat anggaran dengan Dinas PU DKI Jakarta, Wagub Basuki terheran-heran. Untuk "scanning file" saja, anggarannya mencapai Rp 350 juta.


32. Tiang pancang monorel, khususnya di Jl HR Rasuna Said dan sepanjang Jl Asia Afrika, terlihat lebih semarak dengan terpasangnya iklan komersial. DPRD DKI Jakarta memutuskan menghilangkan retribusi yang mewajibkan angkot membayar tarif saat masuk terminal dan biaya trayek. Selain membebaskan angkutan umum dari retribusi, Pemprov DKI Jakarta juga harus berkomitmen menghapus pungutan liar.


33. Setelah tertunda berulang kali, peluncuran Kartu Jakarta Pintar dipastikan akan diluncurkan pada 1 Desember 2012. Setelah Gubernur DKI Jakarta menetapkan besarnya upah minimum provinsi, pengusaha dan buruh dapat bernegosiasi menentukan upah minimum sektoral. Dalam program penataan angkutan umum, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan melakukan peremajaan angkutan.


34. Kamis 22/11/2012, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menemui beberapa tamunya yang datang ke Balaikota DKI.


35. Gubernur DKI Joko Widodo senang melihat antusiasme warga yang sangat tinggi saat dia melakukan sidak ke RSUD Koja, Sidak ke RS Koja, Jakut, Jokowi mendengarkan pengaduan warga yang menyebut pelayanan lama pihak RS, sementara petugas RS mengadu pasien tak sabar. Kamis 22/11/2012 siang. Pengguna Kartu Jakarta Sehat bisa naik grade kamar kelas dua rumah sakit jika dalam keadaan darurat. Namun, harus disetujui Sudin Kesehatan DKI. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo rencananya akan memanggil seluruh direksi RSUD se-DKI seusai dia melakukan inspeksi mendadak ke RSUD Koja. Tingkat kunjungan warga ke Puskesmas naik dua kali lipat pasca-peluncuran Kartu Jakarta Sehat KJS.


36. Ada yang unik selama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menceritakan pengalaman uniknya. Ia sempat diminta menghajar aparat yang tak bekerja baik. Wagub DKI Basuki semakin tak habis pikir dengan anggaran di Dinas PU. Untuk perencanaan saringan sampah saja, anggarannya Rp 300 juta.





37. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan membuat sebuah brand image baru untuk Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merencanakan untuk menata 350 kampung di Jakarta dengan 10 konsep yang sudah ia persiapkan. Jaya Suprana tampaknya salah satu pengagum Jokowi. Sampai-sampai dia menyebut Jokowi dengan mahadewa. Demi memajukan budaya Nusantara, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berharap setiap hari ada karnawal budaya dari berbagai kota di Jakarta.


38. Gubernur DKI Jokowi menemui Menko Kesra Agung Laksono untuk membahas normalisasi Kali Ciliwung. Jumat, 23 November 2012 | 10:52 WIB


39. Pemerintah persilakan asosiasi pengusaha untuk gugat keputusan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang menetapkan UMP DKI 2013 Rp Rp 2.200.000. Salah satu terobosan pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Joko dan Basuki T Purnama, adalah melalui transparansi kerja via situs YouTube. Google Street View di Indonesia akan mulai merekam Kota Jakarta. Layanan peta panorama Google ini dianggap dapat membantu Gubernur DKI Jakarta.


40. Penataan permukiman kumuh di bantaran Kali Ciliwung akan dimulai pada 2013. Jokowi telah membahasnya dengan Menpera dan Menko Kesra. Rusunawa yang dibangun pemerintah banyak tak terisi. Rusunawa Buddha Tzu Chi barang kali bisa jadi model bagi Gubernur Joko widodo. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, langkah persuasi dengan warga akan menjadi kunci penyelesaian masalah dalam penataan Kali Ciliwung.


41. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau lokasi banjir di Kampung Makassar, Jakarta Timur. Tiba-tiba hujan turun deras. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan, untuk saat ini masalah banjir dapat ditangani dengan tindakan cepat di lapangan. Jokowi menyusuri gang sempit untuk melihat genangan banjir di Kampung Makasar. Setelah meninjau banjir di Kampung Makasar, Halim dan Kedoya; Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menuju pintu air Manggarai.




42. Meeting di tengah jalan mungkin baru dilakukan oleh Gubernur DKI Joko Widodo dengan Menteri Perdagangan dan Industri Norwegia Trond Giske.Saat berada di Bundaran HI, Jokowi ditawari naik sepeda low rider oleh komunitas sepeda. Jokowi pun menerima tantangan tersebut. Electronic Road Pricing ERP, diyakini Jokowi akan mengurangi tingkat kemacetan di Jakarta. Wagub DKI Basuki menerima tamu dari AIMI pada Jumat 23/11/2012. Di sela-sela pertemuan tersebut, dia mengingatkan pegawai Pemprov waktu Jumatan. Wagub DKI Basuki sangat perhatian dengan karyawati yang masih menyusui bayinya. Dia tak ingin ibu menyusui memerah ASI di WC.


43. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan, tak boleh lagi ada tanggul yang jebol di Ibu Kota. Musim penghujan melanda DKI Jakarta di penghujung tahun 2012. Sebanyak 60 daerah yang dihuni belasan ribu warga Ibu Kota dilanda banjir.


44. Gubernur Jokowi hari ini kembali menggelar rapim di Balaikota DKI. Salah satu agenda yang akan dibahas tentang rencana pembangunan busway layang. Wagub DKI Jakarta Basuki T Purnama dijadwalkan datang ke Gedung KPK untuk membahas program pencegahan korupsi di Pemprov DKI Jakarta. KPK berencana menjadikan Provinsi DKI sebagai provinsi model antikorupsi. Hal ini sejalan dengan rencana pertemuan KPK dengan Pemprov DKI. Pertemuan Wagub DKI Basuki dengan perwakilan KPK batal. KPK yang membatalkan acara tersebut karena bersamaan dengan agenda lain. Ternyata, Jokowi yang akan mendatangi KPK.


45. Menurut Gubernur DKI Jokowi, turun ke lapangan dan terus gencar menemui warga adalah hobinya yang tidak dapat lagi diganggu gugat. Sejumlah elemen masyarakat yang menolak proyek enam ruas tol dalam kota menggebrak Balaikota DKI untuk menuntut kejelasan sikap Gubernur Jokowi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengakui masih banyak kelemahan busway. Namun, kelemahan-kelemahan itu akan terus diperbaiki. Pemprov DKI masih meminta penjelasan PT MRT mengenai alasan untuk melanjutkan proyek tersebut. Usul Dishub DKI mendapat tambahan 3.000 personel akan dipenuhi. Penambahan personel ini bisa membuat pegawai Dishub bertugas hingga malam. Tak kurang dari Rp 1,4 triliun akan digelontorkan untuk pembangunan busway layang di Koridor XIII yang melayani rute Ciledug-Blok M. Pembangunan enam jalan tol diharapkan Wagub DKI Basuki tidak ditolak mentah-mentah, tetapi tetap harus ada pengkajian terlebih dahulu.


46. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun sistem parkir dengan fasilitas online. Mengenai proyek MRT, Jokowi tidak ingin disebut menghambat. Dia pun akan mengundang pakar transportasi dan masyarakat mendengar pemaparan MRT. Unit bus metromini akan diperbarui secara bertahap. Ke depan, semua metromini akan dilengkapi mesin pendingin alias AC. Peningkatan layanan dalam bus metromini berujung pada kenaikan tarif. Ke depan, tak akan ada lagi metromini dengan tarif Rp 2.000. PJS Presiden Direktur PT Metro Mini Jon Aris Masli meminta Pemprov DKI memperbolehkan seluruh armadanya melintas di jalur busway. Wagub DKI Jakarta Basuki T Purnama yakin bahwa peremajaan metromini tidak akan menciptakan angka pengangguran baru. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mempertanyakan upayanya untuk meremajakan angkutan umum yang masih belum sepenuhnya disetujui DPRD. Metromini akan dioperasikan sebagai "feeder" busway sehingga penumpang dari berbagai titik bisa menuju halte busway. Senin, 26 November 2012


47. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjanjikan pembangunan stadion untuk Persija akan dimulai pada 2013. Targetnya, dua tahun rampung. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menganggarkan pembuatan Stadion Persija di Taman BMW, Jakarta Utara, sebesar Rp 1.050.000.000.


48. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Selasa 27/11/2012, akan menyambangi Gedung KPK untuk mencegah upaya korupsi di dalam tubuh Pemprov DKI.Gubernur DKI Joko Widodo bersama KPK membentuk sebuah kerja sama untuk upaya pencegahan korupsi di tubuh Pemprov DKI. Wagub DKI kedatangan tamu Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hayono Isman. Pada kesempatan itu, Hayono meminta Basuki tidak melakukan banyak terobosan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, kedatangannya ke KPK bukan untuk mengadukan tindak pidana korupsi di Pemprov DKI. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginginkan Taman Impian Jaya Ancol bisa menjadi lahan pendidikan untuk warga Ibu Kota. Wagub DKI Basuki mengaku mengenyam pendidikan SD dan SMP di sekolah Islam. Hanya saja, kata Basuki, dia belum mendapat hidayah saja.


49. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam waktu dekat mengelola pajak pendapatannya secara online atau daring. Demi transparansi anggaran, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji akan mengumumkan anggaran setiap dinas dan satuan kerja perangkat daerah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membagikan Kartu Jakarta Pintar KJP pada 1 Desember 2012.


50. Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama menerima kunjungan Wali Kota Beijing Cheng Hong, Selasa. Mereka antara lain bicara soal sampah dan banjir. Kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta Eko Bharuna menyampaikan rencana pembangunan pengolahan sampah terpadu. Sebanyak hampir 500 pedagang kaki lima di kawasan Kota Tua akan direlokasi ke pasar-pasar di sekitarnya pada awal bulan depan. Kepala SMK Negeri 46 Cipinang Besar Utara, Jaktim, Muhammad Rivai Siri dicopot dari jabatannya karena terbukti membiarkan pungutan kepada siswa.


51. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menggelar pertemuan terbuka dengan PT MRT terkait keputusannya untuk melanjutkan proyek itu atau tidak. Gubernur DKI Joko Widodo siap untuk turun langsung membagikan Kartu Jakarta Pintar. Rencananya akan mulai dibagikan per 1 Desember 2012. Kemampuan tiap wilayah meng-cover kebutuhan personal siswa melalui program Kartu Jakarta Pintar berbeda-beda karena ketersediaan anggaran tak sama. Pemprov DKI menggelar seminar pencegahan korupsi, Rabu 28/11/2012 di Balaikota Jakarta, hasil inisiatif bersama antara Pemprov DKI dan KPK. Biasanya, hanya Wagub DKI Basuki yang memimpin rapat. Namun saat rapat pemaparan Badan Kepegawaian Daerah BKD, Gubernur Joko Widodo ikut serta. Wagub DKI Basuki menilai permasalahan Indonesia berasal dari praktik korupsi yang memprihatinkan. Ketua KPK Abraham Samad menilai belanja aparatur di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih terlalu tinggi. Wakil Gubernur DKI Basuki T Purnama mengaku senang daerah yang dipimpinnya dijadikan model antikorupsi oleh KPK, Ombudsman RI, serta BPKP DKI. Jokowi mempercayakan pengawalan transparansi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah APBD Jakarta 2013 kepada KPK.


52. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo secara tegas menolak memberlakukan pajak terhadap warung-warung makanan, termasuk warung tegal.




53. Jokowi merencanakan pembersihan sampah di sekitar bantaran kali akan diserahkan kepada warga yang akan diganti sesuai UMP.


54. Pemaparan megaproyek MRT yang terbuka untuk umum berlangsung alot dan "panas". Jokowi yang menyaksikan hanya diam menyimak. Karena kajian mengenai MRT masih simpang siur, keputusan soal kelanjutan proyek tersebut batal dilakukan hari ini. Dalam rapat pembahasan MRT yang dihadiri semua elemen masyarakat , sejumlah keanehan mengemuka. Jokowi tidak berkomentar sedikit pun terkait pembahasan megaproyek MRT. Gubernur DKI Jakarta itu malah memilih menemui warga Kampung Sawah, Jakut. Jokowi "walk out" sebelum pembahasan megaproyek transportasi massal berbasis rel atau MRT selesai. Dia mengaku pening dengan pemaparan PT MRT. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo masih belum puas dengan pemaparan PT MRT Jakarta mengenai rencana pembangunan "mass rapid transit". Setelah melakukan demonstrasi sejak pagi tadi, warga Kampung Sawah, Jakarta Utara, lega karena Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menemui mereka. Rabu, 28 November 2012.


55. Korpri genap berusia 41 tahun, 29/11/2012. Untuk memperingatinya, ribuan anggota Korpri menggelar upacara di Lapangan Monas. Selesai mengikuti upacara Peringatan HUT Ke-41 Korpri di Lapangan Monas, masih belum ada kejelasan mengenai agenda Gubernur DKI Joko Widodo. Gubernur DKI Jokowi yakin birokrasi yang baik di tatanan pemerintahan dapat menjadi solusi bagi menyelesaikan sejumlah masalah dengan efektif. Wagub DKI Basuki mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kelebihan pegawai yang tak kompeten. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dijadwalkan bertemu Kepala Badan Narkotika Nasional BNN Gories Mere di Balaikota Jakarta. Rencana pemindahan PKL di sekitar depan Museum Fatahilah sudah mulai diketahui para pedagang. Mereka juga akan menerima jika harus dipindahkan. DPD mempertanyakan predikat wajar tanpa pengecualian yang disandang Pemprov DKI.


56. Pemerintah Provinsi Jakarta membongkar bangunan yang berdiri di atas saluran air penghubung ke Kanal Banjir Barat, Kamis 29/11/2012. Sampah warga Ibu Kota mencapai lima ton setiap harinya. Wagub DKI Basuki mengatakan punya kejutan untuk menanganinya. Bagi Wagub DKI Basuki status WTP bukan segalanya. Ia lebih mementingkan kesejahteraan rakyat dengan mengelola anggaran secara bijak dan efektif. Anggota DPD RI Farud Muhammad mendesak Pemprov DKI segera menyelesaikan sejumlah temuan yang berpotensi merugikan negara miliaran rupiah.


57. Warga Jakarta sudah mulai akrab dengan kata Kampung Deret. Meski begitu, banyak yang belum paham apa bentuk konkret dari program tersebut. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku mendapat laporan dari warga kalau kiosnya di Pasar Paseban akan disegel karena akan segera direnovasi. Saat meninjau Pasar Paseban, Jakarta Pusat, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo heran dengan banyaknya kios kosong tanpa pedagang.


58. Joko Widodo akan bertemu dengan Kapolda Metro Jaya I Putu Eko Bayuseno terkait pembahasan mengenai penerapan sistem ERP di Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta Badan Narkotika Nasional BNN memeriksa seluruh pegawai negeri sipil di Jakarta. Wagub DKI Jakarta Basuki mengusulkan gaji PNS di Jakarta naik melebihi gaji pegawai swasta.



59. Sudah tiga kali PT MRT Jakarta memberikan paparan soal proyek transportasi massal. Namun, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo masih belum puas. Pengusaha garmen dari KBN Cakung Cilincing, menyatakan keberatan atas angka upah minumum Provinsi UMP yang ditetapkan Pemprov DKI. Wagub DKI Basuki akan membuat kajian terkait permintaan pengusaha garmen yang keberatan membayar UMP Rp 2,2 juta per bulan. Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, kenaikan gaji PNS di Jakarta harus diimbangi dengan kenaikan pendapatan asli daerah. Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Budhiastuti mengatakan, masalah kenaikan gaji PNS menjadi wewenang pemerintah pusat yang memutuskan.


60. Setelah bertemu dengan Direktur Utama PT MRT Jakarta sore ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memberikan sinyal positif untuk melanjutkan MRT. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan bernegosiasi dengan Menteri Keuangan untuk meringankan beban Pemprov DKI Jakarta dalam proyek MRT.


61. Pemprov DKI akan melantik pejabat eselon II. Dijadwalkan, Gubernur Joko Widodo akan memimpin seremoni pelantikan di Balaikota DKI. Sedikitnya empat pejabat eselon II di jajaran Pemprov DKI bakal diganti. Alasannya, untuk penyegaran kotak organisasi di internal pemerintahan DKI. Jumat 30/11/2012, Gubernur DKI Joko Widodo akan melantik pejabat eselon II baru atau setingkat kepala dinas atau kepala badan. Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, kejutan yang dijanjikannya adalah mengganti Kepala Dinas Kebersihan.


62. Gubernur DKI Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak ke Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, sebelum ia mendengarkan pengarahan dari Presiden. SMA Yappenda sudah siap menyambut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam peluncuran Kartu Jakarta Pintar. Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pemberian izin pembangunan mal baru di Jakarta harus didasarkan pada manfaat keberadaannya. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan bahwa Pemprov DKI tak anti pada pertumbuhan mal. Mal bisa dibangun di pinggir kota.


63. Jokowi menawarkan agar beban Pemerintah Provinsi Pemprov DKI untuk mengembalikan utang kepada JICA hanya sebesar 30 persen. Gubernur DKI, Joko Widodo menyarankan agar penggunaan gelanggang olahraga remaja tidak digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat komersial.


64. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi akan membagikan Kartu Jakarta Pintar KJP, Sabtu 1/12/2012, di SMA Paskalis, Kemayoran. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo Sabtu ini menyerahkan karta Jakarta Pintar kepada sekitar 3.000 siswa kurang mampu di seluruh Jakarta. Kartu Jakarta Pintar resmi diluncurkan oleh Pemerintah DKI mulai hari ini. Namun, banyak pihak meragukan efektivitas penggunaan kartu ini. Gubernur DKI Joko Widodo mengatakan, saldo Kartu Jakarta Pintar akan terisi setiap awal bulan. Gubernur Jakarta Joko Widodo disambut antusias siswa SMA Paskalis, Kemayoran yang dipercaya menjadi tuan rumah penyerahan Kartu Pintar. Untuk memaksimalkan penggunaan Kartu Jakarta Pintar KJP, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan fasilitas mesin ATM Bank DKI di sekolah. Gubernur DKI Joko Widodo menargetkan akan memberikan KJP kepada seluruh siswa miskin dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah tahun depan. Bantuan buat siswa lewat Kartu Jakarta Pintar bukan untuk membayar SPP, melainkan bantuan operasional sekolah secara langsung untuk setiap siswa.


65. Jokowi bersama istrinya, Iriana, menghadiri acara silaturahmi dengan pengurus RT, RW, LMK, Dewan Kota Kabupaten dan PKK. Jokowi menyampaikan sembilan petuahnya kepada pengurus RT/RW, Kelurahan dan lainnya bersama-sama menggerakkan masyarakat peduli lingkungan.


66. Wagub DKI Basuki geleng-geleng kepala dengan paparan Dinas Pelayanan Pajak DKI. Hanya untuk sistem online penarikan pajak, butuh Rp 8 triliun. Pendiri Gerindra Prabowo Subianto mengatakan kadernya Basuki Tjahja Purnama alias Ahok wajar memarahi bawahannya sebagai bukti ketegasan pemimpin. Wagub DKI Basuki mengingatkan bawahannya bahwa dia berbeda dengan Gubernur Joko Widodo. Jika Basuki terlihat galak, itu cuma kelihatannya saja. Minggu, 2 Desember 2012


67. Saat Jokowi sidak ke Kecamatan Setiabudi, Camat Makmur HN tidak ada. Namun, Makmur mendapat penghargaan dari Jokowi sebagai Camat Berprestasi. Jokowi sedikit membagi kegundahannya kepada 10.000 peserta Silaturahmi dengan Gubernur DKI terkait megaproyek MRT yang masih terkatung-katung. Jokowi berjanji akan memutuskan keberlanjutan nasib megaproyek MRT dan monorel dengan segala risikonya. Jokowi berharap Jakarta tidak kalah dengan Singapura, Kuala Lumpur, Sidney dan London.


68. Gubernur DKI Joko Widodo bersama wakilnya, Basuki T Purnama, menggelar rapat tertutup dengan sejumlah kepala BUMD di Balaikota DKI. Senin, 3 Desember 2012 


69. Direktur Utama PAM Jaya, Sri Widayanto Kaderi, mengatakan, rapim pagi hari ini bersama Gubernur DKI Jokowi baru acara perkenalan saja.


70. Aliansi Pemuda Indonesia untuk Perubahan mengeluarkan hasil "polling" terkait nama-nama tokoh nasional yang layak menjadi capres versi anak muda.


71. Gubernur DKI Joko Widodo merencanakan bertemu dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo untuk bernegosiasi membicarakan nasib kelanjutan MRT. Selain menemui Menkeu terkait proyek MRT, Jokowi juga berencana melakukan negosiasi ulang dengan pihak pemberi pinjaman asal Jepang, JICA. Dalam kesepakatan antara Pemprov DKI dan investor asal Jepang JICA, tercantum bahwa penanggung jawab proyek tersebut adalah Gubernur DKI.




72. KUA-PPAS yang diajukan Pemprov DKI dinilai DPRD lebih menggunakan pendekatan proyek daripada solusi.


73. Jokowi mengaku belum mengetahui stok daging sapi di Jakarta menipis. Malah dia baru tahu bahwa Pemprov memiliki BUMD pemotongan hewan.


74. Mal UKM di Kebon Kacang sudah dua tahun tak berpenghuni. Ketika Jokowi melakukan sidak, tercium bau pesing dan penerangan yang minim. Jokowi yakin dalam setahun mal UKM di kawasan Thamrin City sudah penuh dengan UKM. Dia juga akan menyeleksi PKL agar bisa masuk ke mal tersebut.


75. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan membentuk tim independen untuk mengawasi penggunaan Kartu Jakarta Pintar KJP.


76. DPRD DKI masih merasa ada ganjalan terkait empat program Gubernur Jokowi. Kepala Bappeda DKI pun siap menjelaskan ganjalan DPRD. Pengesahan APBD DKI diprediksi molor. Hal itu dinilai karena banyaknya mata anggaran hasil kepemimpinan Fauzi Bowo yang direvisi Jokowi. Rencana Pemprov DKI dalam melaksanakan pembangunan jalan layang non-tol dari Ciledug ke Blok M masih menuai perdebatan. Dishub DKI menjanjikan layanan dan fasilitas transportasi umum di Jakarta akan membaik. Salah satunya Kopaja AC yang dibolehkan masuk jalur busway.




Profil Jokowi :



Nama : Joko Widodo
Tempat Tanggal Lahir: Surakarta, 21 Juni 1961
Agama : Islam
Pekerjaan : Pengusaha
Profil Facebook : jokowi
Akun twitter : jokowi_do2
Email: jokowi@indo.net.id
Alamat Kantor : Jl. Jend. Sudirman No. 2 Telp. 644644, 642020, Psw 400, Fax. 646303
Alamat Rumah Dinas : Rumah Dinas Loji Gandrung Jl. Slamet Riyadi No. 261 Telp. 712004
HP. 0817441111

Pendidikan:
SDN 111 Tirtoyoso Solo
SMPN 1 Solo
SMAN 6 Solo
Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta lulusan 1985

Karir:
Pendiri Koperasi Pengembangan Industri Kecil Solo (1990)
Ketua Bidang Pertambangan & Energi Kamar Dagang dan Industri Surakarta (1992-1996)
Ketua Asosiasi Permebelan dan Industri Kerajinan Indonesia Surakarta (2002-2007)

Penghargaan Pribadi:
- Joko Widodo terpilih menjadi salah satu dari “10 Tokoh 2008″
- Walikota terbaik tahun 2009
- Penghargaan Bung Hatta Award 
-Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Award

Penghargaan Kota Solo:
- Kota Pro-Investasi dari Badan Penanaman Modal Jawa Tengah
Kota Layak Anak Kemneg Pemberdayaan Perempuan
- Wahana Nugraha dari Departemen Perhubungan
- Sanitasi dan Penataan Permukiman Kumuh dari Dep PU
- Kota dengan Tata Ruang Terbaik ke-2 di Indonesia.





Sumber penulisan serta artikel:
http://news.detik.com/read/2012/07/12/120732/1963578/10/6/992204topnews
http://www.worldmayor.com/contest_2012/comments-surakarta.html
http://jogja.tribunnews.com/2012/07/12/ini-dia-6-aksi-mengejutkan-jokowi
http://biografi.rumus.web.id/2012/01/biografi-jokowi-joko-widodo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar