05 Juni 2013

TIMNAS INDONESIA : WELLCOME, TIMNAS BELANDA DAN ARSENAL

Pertandingan uji coba antara tim nasional Indonesia dan Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/6/2013), dipastikan akan menarik animo dunia internasional. Selain disiarkan langsung di Indonesia dan Belanda, laga itu juga rencananya ditayangkan lebih dari 12 negara di berbagai penjuru dunia.


Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Nine Sport, selaku pihak promotor, pertandingan Indonesia versus Belanda akan disiarkan di beberapa negara seperti Perancis, Amerika Serikat, Thailand, Inggris Raya, Singapura, hingga Israel; juga negara-negara di Afrika, Timur Tengah, dan pecahan Yugoslavia.

"Benar, jadi selain di Indonesia dan Belanda, ada lebih dari selusin negara yang bakal menyiarkan secara langsung pertandingan Jumat nanti," ujar CEO Nine Sport, Arif Putra Wicaksana, saat dihubungi di Jakarta.

Skuad Belanda akan tiba di Jakarta, Rabu (5/6/2013). Tim asuhan Louis van Gaal itu dipastikan akan membawa pemain-pemain berpengalaman seperti Robin van Persie (RvP), Arjen Robben, dan Wesley Sneijder untuk melakoni pertandingan melawan Andik Vermansah dan kawan-kawan.

Arif mengatakan, sebelum pertandingan berlangsung, para pemain Belanda akan lebih dulu menjalani beberapa kegiatan di Jakarta, seperti coaching clinic dan mengunjungi Museum Fatahillah di Kota Tua, Jakarta Barat. Selain itu, RvP dan kawan-kawan akan juga menggelar latihan secara tertutup dan terbuka.

"Jadi, setelah sampai ke Jakarta, para pemain Belanda beserta beberapa ofisial tim akan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut hingga hari H," kata Arif.

Presiden KNVB Ikut Saksikan Laga Indonesia Vs Belanda
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Djohar Arifin Husin, mengungkapkan, Presiden Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), Michael van Praag, akan turut hadir untuk menyaksikan laga uji coba antara Indonesia dan Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/6/2013).
Skuad Belanda akan tiba di Jakarta, Rabu (5/6/2013). Tim asuhan Louis van Gaal itu dipastikan akan membawa pemain-pemain berpengalaman seperti Robin van Persie, Arjen Robben, dan Wesley Sneijder untuk melakoni pertandingan melawan Andik Vermansah dan kawan-kawan.

Djohar mengatakan, Van Praag akan datang dengan didampingi sekitar empat pengurus KNVB lainnya. Selain menyaksikan pertandingan, mereka juga akan mengadakan pertemuan dengan para pengurus PSSI untuk membicarakan kerja sama dalam bidang pengembangan sepak bola.

"Tapi, mungkin mereka datang tidak bersamaan dengan timnas Belanda, kemungkinan satu hari sebelum pertandingan dan kita akan bertemu di kantor PSSI. Kita tahu Belanda sudah level dunia, jadi kita akan manfaatkan ini," ungkap Djohar di Kantor PSSI.
Djohar mengakui, PSSI berharap laga uji coba dengan Belanda bisa menjadi awal untuk membangun sepak bola Indonesia lebih baik. Menurutnya, hal itu sangat penting untuk membentuk skuad timnas tangguh yang ke depannya nanti akan menjalani beberapa turnamen penting, salah satunya Piala AFF 2014.
"Kita berharap setiap mereka ada program kita bisa diundang. Kita sangat perlu belajar banyak dari mereka karena mereka penduduknya lebih sedikit tapi mampu menghasilkan pemain-pemain sukses dan prestasinya juga luar biasa," kata Djohar.
 "Arsenal Asia Tour 2013"


Pertandingan persahabatan Sepak Bola antara Timnas Indonesia melawan Arsenal dalam rententan acara "Arsenal Asia Tour 2013" bakal menjadi pertandingan bola yang bakal banyak disaksikan secara langsung oleh para pecinta bola ditanah air. Klub Sepak Bola dari Inggris ini yang dimanajer oleh Arsene Wenger menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan dari program "Arsenal Asia Tour 2013"

Timnas Indonesia akan menurunkan skuad terbaiknya untuk melawan para pemain hebat Arsenal dan akan mengadakan latihan fisik sebagai persiapan untuk menghadapi para pemain hebat yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta bola tanah air.

Dalam beritanya dikabarkan bahwa Tim Arsenal akan membawa skuad terbaiknya untuk melawan Timnas Indonesia itupun jika para pemainnya tidak ada yang cedera yang berarti permainan akan berlangsung seru dan sangat bagus bagi para pemain Timnas Indonesia karna dari pertandingan itu bisa menjadikan pembelajaran dan mendapat pengalaman untuk kedepan.

JADWAL TIMNAS INDONESIA VS ARSENAL
Jadwal pertandingan persahabatan sepak bola antara Timnas Indonesia melawan Arsenal sedianya akan dilangsungkan pada 14 Juli 2013 dan prediksi disiarkan secara langsung atau live oleh stasiun televisi RCTI.

Menurutku Hikmahnya adalah,



“Ini adalah kesempatan kita untuk menimba ilmu dari pemain luar” kata-kata ini sering kita dengar dari mulut petinggi PSSI saat Indonesia akan kedatangan Tim-tim besar luar negeri, mungkin ada benarnya juga, tapi cenderung ucapan yang normatif sekali. Tim luar datang ke Indonesia bukan cuma tahun ini saja, sudah sejak lama kita kedatangan tim beken dari luar, harapan dari datangnya tim luar tentu adalah sebagai sarana menimba ilmu bagi kita, dan menjadi ladang uang buat mereka. Mereka bermain bola untuk uang, melihat Indonesia adalah Negara yang besar dengan basis massa penggila sepakbola yang besar, wajar mereka tertarik untuk “menginvasi dan menarik support” penggila bola di negara kita.
Namun hal yang perlu disoroti adalah bagaimana EFEK kedatangan Tim-tim besar luar ke negara kita dengan prestasi timnas kita. Flashback ke beberapa tahun lalu, dua klub elite German yang tahun ini sedang berlaga di fase semifinal UCL, Dormund dan Muenchen. Pada 28 mei 2008 Indonesia kalah 1 – 5 dari klub Bavaria Bayern Muenchen,sedangkan pada laga lawan Dortmund hanya kalah 0 – 1, itupun lewat gol pinalti.pada saat itu Indonesia berada di peringkat 131 dunia. Setelah itu posisi Indonesia cenderung naik turun. Setelah itu tim luar silih berganti datang ke Indonesia.

Tahun ini juga ada agenda datangnya klub Arsenal, Chelsea dan Liverpool. Mereka sudah mengeluarkan rilis resmi , begitu juga timnas Belanda juga akan dating. Perlu diketahui pada rilis FIFA 13 April 2013 peringkat 170,terburuk sepanjang masa. Banyak hal yang berpengaruh akan prestasi jeblok ini. Pertama yang mungkin akan menjadi kambing hitam adalah dualism yang terjadi, dimana PSSI membuat Liga baru untuk menggantikan ISL yang dinilai tak transparan, liga baru tersebut adalah Indonesia Premier League (IPL) . Ini bukan LPI yang dulu tiba-tiba membuat Breakaway League dengan membentuk beberapa klub baru. Mungkin gara-gara IPL menggunakan kata-kata Premier membuat masyarakat apatis liga ini adalah terusannya LPI. Perpecahan pun muncul dan memberikan dampak luar biasa ke jalannya Timnas mengarungi beberapa turnamen seperti AFF 2012. Pemain ISL dilarang membela Timnas, disini sebenarnya sangat kental sekali aroma politiknya. Kita tinggalkan masalah dualisme yang pernah terjadi dan sekarang sudah akan menuju proses unifikasi. Sipp poko'e :)


Jika masalah prestasi, tampaknya PSSI tak boleh lagi gunakan cara-cara instan, simak saja para pemain luar di naturalisasi untuk membela Timnas. Terbukti para pemain tersebut memberikan segi postif, contoh, dulu Cristian Gonzales bermain apik saat membela Timnas di AFF 2010. Sekarang ada lagi amunisi baru yang kita harapkan memberi dampak bagus, Sergio van Dijk.

Cara lain yang menurut PSSI akan menambah prestasi Timnas adalah melakukan latih tanding dengan klub-klub elite dunia, dan dengan negara dengan tradisi sepakbola yang bagus. Indonesia vs Belanda pada 7 Juni 2013,kemudian di susul Indonesia Vs Arsenal 14 Juli 2013, Indonesia vs Liverpool 20 Juli 2013, Indonesia vs Chelsea 25 Juli 2013. Sebuah hal yang sangat ditunggu tentunya, sudah sejak lama klub-klub elite ini tertarik merasakan atmosfer bola Indonesia dan yang tentunya dipertimbangkan adalah mereka memiliki basis fans yang besar di Indonesia. Untuk klub asing ini munkin hanya untuk melebarkan sayap bisnis mereka, dengan memiliki fans yang banyak otomatis pundi-pundi uang akan terus masuk ke kantong mereka. Namun bagi timnas kita? Hanya ilmu dan pengalaman serta mental juaralah yang berharap dapat tertularkan. Kita masih menunggu,yang besok akan melawan klub elite luar tersebut Timnas Indonesia atau Indonesia selection atau Indonesia All Star. Saya pribadi berharap bahwa tim yang akan bertanding adalah tim nasional yang dibentuk bukan hanya untuk pertandingan itu saja, namun Tim yang di bentuk secara jangka panjang untuk tujuan sebuah turnamen atau kompetisi. Bukan Cuma tim yang dibentuk seminggu sebelum pertandingan dan hanya mencomot pemain-pemain tertentu dan pelatih tertentu. Gunakan momentum ini untuk membangun timnas yang kuat, jangan anggap ini hanya sebuah latih tanding yang Cuma bisa menghibur, tapi bisa member efek yang nyata dalam prestasi timnas. Jadikan ini menjadi momentum untuk benar-benar menimba Ilmu, bukan Cuma ajang pamer para talenta bola dunia dan kita hanya terkagum-kagum melihat itu semua. Iyakan mas bro ??


Jika tak salah hikmah, momen kedatangan tim-tim elite luar negeri ini harus bisa dimanfaatkan PSSI untuk lebih menggenjot dalam hal Kompetisi terutama mereka yang di usia dini, karena banyak bibit-bibit muda yang sebenarnya mempunyai masa depan cerah dengan melakukan pembinaan yang baik, masih ingat saat timnas U-17 memenangi HKFA International Youth Football Invitation dengan mengalahkan Singapura di partai final pada februari 2012. Tim Singapura yang pada level seniornya menjuarai AFF cup di tahun yang sama. Sedangkan pada tahun 2013 ini Timnas U-19 kembali mengulangi kesuksesan U-17 tahun lalu, dengan menempati peringkat 1 klasemen. Dari beberapa contoh hasil yang memuaskan yang diperoleh oleh adik-adik kita tersebut, membuktikan bahwa pada usia dini mereka mempunyai prestasi yang bagus, dan bisa dikatakan lebih berprestasi dalam segi gelar dari pada kakak-kakak mereka di Timnas senior. Semoga PSSI lebih membuka mata akan sebuah proses, dengan berjalan bersama pembinaan usia dini dan program untuk Timnas senior. Karena kelak para pemain muda di U-17 U-19 akan menjadi pengisi skuad di timnas U-23 dan timnas senior. Untuk pertandingan lawan klub-klub dan Negara luar di bulan juni –juli mendatang, semoga timnas memberikan hal yang membanggakan bagi kita semua dan akan berimbas baik ke prestasi timnas dan ranking kita di FIFA.
SUKSES INDONESIA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar