13 Maret 2015

INDONESIA TIMBUN PASUKAN ELIT





TNI memang diambang superior, dalam kondisi damai dan tidak dalam kondisi konfrontasi dengan negara manapun tapi militer Indonesia ini selalu dalam kondisi siap siaga perang.
Mulai dari tingkat Batalyon sampai (terutama) pasukan komando khusus. Dan yg paling misterius adalah unit detasemen inti khusus (contoh: Denjaka AL) yang banyak tersebar di tiap angkatan, TNI selalu dalam kondisi siaga perang.

Punya banyak kesatuan siap serbu tempur
Ini salah satu keunggulan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara-negara berkembang lainya. Bila dihitung bijian, Indonesia hanya kalah dari Amerika dan China dari jumlah kesatuan khusus siap tempur serbu. Catat nggih, siap tempu serbu, artinya siap menerima komando untuk menyerbu sasaran, bukan hanya menghalau serangan.

Dari yang terlihat saja, mulai dari Kopassus, Kopaska, Kopaskhas lalu ditambah Kostrad. Mereka adalah prajurit yang menu harianya adalah siaga serbu tempur. Berat badan melar, fisik menurun langsung diturunkan. Jumlahnya? tentu harus dirahasiakan. Tapi diperkirakan 50% dari  total personil TNI.50% personil dalam kondisi siaga perang? eit itu belum termasuk unit detasemen khusus yang lebih siaga lagi. Seperti di AL ada Denjaka dan Hantu Laut/Yontaibi Marinir (nomer 3 dunia). Maka, tidak heran jika negara-negara tetangga sering rewel bila TNI menambah persenjataan. Lha wong orangnya saja siap perang, lha kok pegang senjata baru. Dalam militer, alutsista / alat utama sistem pertahanan memang penting. Tapi ke-siaga-an pasukan lebih diwaspadai musuh.

Libya dan Irak sangat mudah dihancurkan karena pasukan tempur dua negara itu tidak dalam kondisi siaga perang. Ditambah fakta bahwa mereka hanya punya masing-masing 1 group pasukan khusus yang siaga perang. Garda Nasional dan Garda Revolusi

Lha Indonesia? banyak mas brooo. Silahkan pilih mau Kopassus atau Kopaska atau Kopaskhas yang semuanya punya kemampuan darat-udara-laut yang sama. Kalau masih kurang, ada detasemen khusus dan Batalyon inti di tiap kesatuan yang kemampuanya juga nomer wahid.

Makanya kadang heran saja, klo ada orang Indonesia yg meremehkan kekuatan TNI. Indonesia adalah sedikit dari negara di Dunia yang memiliki banyak unit pasukan berkualifikasi para-komando yang siap tempur darat-laut-udara. Bandingkan dengan Malaysia (contoh) yang dalam 1 angkatan hanya punya 1 special force. Lha emang di Indonesia punya berapa? 

Ambil contoh Angkatan Laut, yang punya komando khusus, detasemen khusus dan Batalyon Hantu Laut yang semuanya setara Navy Seal US. Hebatnya lagi semua dalam kondisi fisik siap siaga perang, berat badan melar langsung dilorot ke kesatuan.


Berikut adalah  Komando pasukan special force TNI yang siaga tempur. Yang dibahas cuma Unit Komando, tidak termasuk unit Detasemen dan Batalyon yang bersifat siaga tempur dan sangat rahasia.

1.Denjaka AL
 
Denjaka singkatan dari Detasemen Jala Mangkara. Ini pasukan khusus TNI angkatan laut. Denjaka ini gabungan dari Kopaska dengan YonTaifib.

Kopaska singkatan dari Komando Pasukan Katak yang didirikan langsung oleh mantan Presiden Soekarno tahun 1962 untuk membebaskan Irian Jaya. Sedangkan Yon Taifib singkatan Batalyon Intai Amfibi. Baik Kopaska dan Yon Taifib disegani.
Denjaka lahir ketika Kepala Staf TNI AL membentuk Pasukan Khusus AL (Pasusla) tahun 1982. Pasukan ini diperlukan untuk mengatasi berbagai ancaman di laut Indonesia. Sejak tahun 1984, namanya berubah jadi Detasemen Jala Mengkara. Tentara yang direkrut awalnya berjumlah 70 personel dari Batalyon Intai Amfibi (Taifib) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska). 
 
note Kopaska :
Moto: Tan Hana Wighna Tan Sirna (Tidak ada rintangan yang tak dapat diatasi)






Pasukan yang kualifikasinya setara dengan Navy Seal US. Bahkan di beberapa kali latihan bersama, Navy Seal US kewalahan mengimbangi ketahanan fisik pasukan katak TNI.

Perekrutan:

1. Anggota TNI AL (kecuali Korps Marinir)

2. Berdinas minimum 2 thn di KRI/Kapal Perang

    RI/lanal/lantamal/mabesal/kolinlamil/armada RI.

3. Lulus Kesamaptaan/kemampuan jasmani

4. Lulus Tes Ketahanan Air

5. Lulus Psikotest khusus

6. Lulus Kesehatan khusus bawah air

7. Secara sadar mengikuti tes dan pendidikan tanpa paksaan siapapun

Kualifikasi paling ekstrim dari pasukan ini, setiap personil harus siap bersedia melakukan bom bunuh diri jika diperlukan. Termasuk aksi man torpedo di bawah air.



2. Kopassus AD
 
Kopassus singkatan dari Komando Pasukan Khusus. Kopassus ini di bawah TNI Angkatan Darat yang resminya berdiri tahun 1952. Pasukan ini punya kemampuan melebihi tentara biasa. Mereka bisa bergerak cepat di setiap lokasi, menembak tepat, pengintaian, dan antiteror.
Nama pasukan khusus Angkatan Darat ini sudah beberapa kali. Ketika dibentuk pertama kali nama Kopassus masih Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT). Setelah itu ganti nama jadi Korps Komando Angkatan Darat (KKAD), Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD), Pusat Pasukan Khusus AD (Puspassus AD), dan Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha). Sejak 1986, Kopassandha berubah jadi Kopassus sampai sekarang.
Kopassus terkenal yang terkenal dengan sebutan 'baret merah' ini terkenal dengan aksi-aksinya yang berani. Satu yang paling terkenal saat menaklukkan teroris yang membajak pesawat DC-9 "Woyla" tahun 1981.
Kopassus dibagi dalam 5 kelompok. Mulai dari Grup 1/Para Komando yang berlokasi di Serang (Banten), Grup 2/Para Komando (Kartasura, Jawa Tengah), Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Batujajar, Jawa Barat), Grup 3/Sandhi Yudha (Cijantung, Jakarta Timur), Satuan 81/Penanggulangan Teror (Cijantung, Jakarta Timur). 

 
Moto: Tribuana Chandraca Satya

Dharma (Berani Benar Berhasil)

Ini adalah pasukan para komando yang paling banyak terlibat pertempuran di Asia. Mulai dari menghadapi bangsa Asing sampai pemberontakan di dalam negeri.

Kopassus juga menjadi role model bagi banyak tentara khusus di Asean. Berapa total jumlah personelnya? sangat dirahasiakan. Bahkan pelatihannya terkenal sangat brutal dan banyak pengamat militer menyebutnya sebagai mesin pembunuh asia nomor wahid.

3.Den Bravo 90 AU
 
singkatan dari Detasemen Bravo 90. Ini pasukan khusus yang berada di bawah TNI Angkatan Udara. Dibanding pasukan khusus yang lain, Den Bravo 90 paling muda karena dibentuk tahun 1990. Bravo artinya yang terbaik.
Den Bravo 90 diperlukan untuk mengatasi kekuatan udara lawan dengan cara menghancurkan pangkalan dan perlengkapan militer mereka. Den Bravo 90 melakukan tugas-tugas intelejen untuk membantu operasi udara.
Saat dibentuk, Bravo diperkuat 34 prajurit yang terdiri dari 1 perwira, 3 bintara, 30 tamtama. Anggota Den Bravo diambil dari prajurit komando terbaik. Setiap angkatan dipilih lima sampai sepuluh orang.

Note Kopaskhas : 
 
Satuan yang paling dicari informasinya oleh intelijen asing dan sangat dibatasi publisitasnya menyangkut kerahasian negara.

Moto ” Karmaye Vadikarate Mafalesu Kadatjana “, yang artinya bekerja tanpa menghitung untung dan rugi.

Ini adalah komando pasukan khusus yang paling rahasia milik TNI. Sangat diharamkan untuk ikut latihan bersama militer asing.

Karena berbasis TNI AU, Paskhas didesain untuk bergerak lebih cepat dan lebih senyap dari semua komando. Awalnya pasukan ini bernama Kopasgat, Komando Pasukan Gerak Cepat.






Kemampuan penting dari prajurit paskhas adalah lari. Secara rutin setiap prajurit paskas harus bisa mempertahankan kecepatan lari 100m dibawah 13 detik.

CIA dalam worldfactbook nya pernah memprediksi bahwa total pasukan TNI yang berkualifiasi “para komando” atau “special army” berjumlah 150.000 pasukan dari total 500.000 prajurit aktif. Jika benar jumlah itu, berarti Indonesia adalah negara nomer 4 di dunia dalam jumlah pasukan komando, setelah Amerika, Rusia dan China.






Note Yang dibahas diatas belum termasuk beberapa sel pasukan elite yang lebih kecil seperti: Yontaifib Marinir, RaiderAD, Tontaipur AD, PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) yang lintas matra serta Resimen Pelopor Brimob.

18 komentar:

  1. Turunanya MAJAPAHIT kok dilawan....dulu pake KERIS aja bisa kuasai nusantara apalagi sekarang pake SUKHOI SU-35....

    BalasHapus
  2. Turunanya MAJAPAHIT kok dilawan....dulu pake KERIS aja bisa kuasai nusantara apalagi sekarang pake SUKHOI SU-35....

    BalasHapus
  3. Bro Majopahit sdh menggunakan kanon namanya kanon bang, sekarang ada dimusium Ney York AS dan sdh banyak diteliti oleh orang yahudi Belanda/Eropa serta saingan kita adalah kerajaan Mongol juga punya kanon. Salam...........

    BalasHapus
  4. Kita sering lupa kalo kita ini lebih hebat...., ini akibat banyak nonton film amerika dan eropa, jadi kagum sama tentara film mereka..., kalo perang terbuka mah belom tentu mereka menang... ada kelebihan mereka pada publikasi saja.... Jaya terus TNI love you

    BalasHapus
  5. Pasukan Khas TNI AU Sudah pernah Berlatih dengan Pasukan Airborne dari RRC, sudah dua kali mereka berlatih. jadi haramnya Pasukan Khas yang konon kataya diharamkan tidak boleh berlatih dengan Pasukan Militer Asing sudah tidak berlaku lagi Bung. Judul latihannya "sharp knife airborne"
    lha itu Anda sendiri sdh posting Photo pembukaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan denbravo asal tau hanya pasukan reguler tni au...kenali dulu tni baru komentar ya ya

      Hapus
  6. kereeen, sayang saya ga bisa jadi tentara :( tapi tetep Indonesia harus terdepan dari segala bidang. kapan ya ada banyak film tentang perang dari Indonesia ? biar bisa ngalahin hollywood hehehe

    BalasHapus
  7. kereeen, sayang saya ga bisa jadi tentara :( tapi tetep Indonesia harus terdepan dari segala bidang. kapan ya ada banyak film tentang perang dari Indonesia ? biar bisa ngalahin hollywood hehehe

    BalasHapus
  8. Kopaslima mana bro...
    Komando pasukan penggusur kaki lima..
    Alias Polpp....hahaa..

    BalasHapus
  9. raksasa yg sebentar lagi bangun

    BalasHapus
  10. Raksasa bangun,,,pungut siput dalam parit,,,masak rebus,,,,kerna lauknya ga ada.

    BalasHapus
  11. Raksasa bangun,,,pungut siput dalam parit,,,masak rebus,,,,kerna lauknya ga ada.

    BalasHapus
  12. Pasukan Khusus Indonesia memang sangat ampuh untuk perang kota, perang hutan dan perang gerilya

    BalasHapus
  13. A. TNI AD :
    1. KOPASSUS: yg terbaik dan terelitnya (SPECIAL FORCE -NYA) : SATGULTOR 81
    2. KOSTRAD : yg terbaik dan terelitnya
    a. TONTAIPUR (Peleton Intai Tempur)
    b. Batalyon RAIDER

    B.TNI AL
    MARINIR : yg terbaik dan terelit (SPECIAL FORCE -NYA) :
    1.KOPASKA singkatan dari Komando Pasukan Katak
    2. YON TAIFIB singkatan Batalyon Intai Amfibi
    3.DENJAKA singkatan dari Detasemen Jala Mangkara. Denjaka ini anggotanya gabungan dari Kopaska dengan YonTaifib yang di seleksi dan di Didik ulang

    C. TNI AU
    KOPASKHAS (Dahulu Kopasgat: Komando Pasukan Cepat)
    yg terbaik dan terelitnya (SPECIAL FORCE - Nya
    DEN BRAVO 90

    D. POLRI
    BRIMOB (Brigade Mobil) yangbter terbaik dan terelit nya
    1. GEGANA ada ada 3 Bagian
    a. Pelopor
    b. Jihandak : Penjual Bahan Peledak
    c. Ada yang mirip SWAT fungsinya
    2. Datasemen 88 : khusus memburu teroris

    Jd jgn satuin Kopasus sama Denjaka Krn beda Denjaka adalah anggota bMarinir spt halnya Satgultor adalah anggota Kopasus spt uang saya sudah jelaskan diatas

    kalau mau Kopasus sama marinir sama Kostrad sama kopaskhas

    Maaf cUma koreksi dan mungkin koreksi saya juga masih ada yang salah

    Bukan bermaksud menggurui atau menghina penulis...thanx makasih maaf ya

    BalasHapus
  14. A. TNI AD :
    1. KOPASSUS: yg terbaik dan terelitnya (SPECIAL FORCE -NYA) : SATGULTOR 81
    2. KOSTRAD : yg terbaik dan terelitnya
    a. TONTAIPUR (Peleton Intai Tempur)
    b. Batalyon RAIDER

    B.TNI AL
    MARINIR : yg terbaik dan terelit (SPECIAL FORCE -NYA) :
    1.KOPASKA singkatan dari Komando Pasukan Katak
    2. YON TAIFIB singkatan Batalyon Intai Amfibi
    3.DENJAKA singkatan dari Detasemen Jala Mangkara. Denjaka ini anggotanya gabungan dari Kopaska dengan YonTaifib yang di seleksi dan di Didik ulang

    C. TNI AU
    KOPASKHAS (Dahulu Kopasgat: Komando Pasukan Cepat)
    yg terbaik dan terelitnya (SPECIAL FORCE - Nya
    DEN BRAVO 90

    D. POLRI
    BRIMOB (Brigade Mobil) yangbter terbaik dan terelit nya
    1. GEGANA ada ada 3 Bagian
    a. Pelopor
    b. Jihandak : Penjual Bahan Peledak
    c. Ada yang mirip SWAT fungsinya
    2. Datasemen 88 : khusus memburu teroris

    Jd jgn satuin Kopasus sama Denjaka Krn beda Denjaka adalah anggota bMarinir spt halnya Satgultor adalah anggota Kopasus spt uang saya sudah jelaskan diatas

    kalau mau Kopasus sama marinir sama Kostrad sama kopaskhas

    Maaf cUma koreksi dan mungkin koreksi saya juga masih ada yang salah

    Bukan bermaksud menggurui atau menghina penulis...thanx makasih maaf ya

    BalasHapus