16 Mei 2013

SIR ALEX FERGUSON SANG MAESTRO OLD TRAFFORD (JOURNEY)



Sir Alex Ferguson mungkin menjadi orang paling bahagia di dunia pada 12 Mei 2013. Di tanggal itu, pelatih asal Skotlandia yang akan pensiun di akhir musim itu menyampaikan pidato perpisahan usai kemenangan 2-1 atas Swansea City di Old Trafford.


"Terima kasih kepada Manchester United. Tidak hanya para direktur, tidak hanya staf medis, staf pelatih, para pemain, dan para suporter. Tapi, Anda sekalian. Ini merupakan pengalaman paling fantastis di dalam hidup saya. Terima kasih!," ujarnya di hadapan puluhan ribu fans United yang memadati stadion.

Sudah 38 gelar yang dipersembahkan Sir Alex selama 26 tahun lebih menangani Manchester United. Ada banyak momen kebahagiaan yang ia nikmati bersama tim selama ini. Dan, 12 Mei adalah momen terakhir ia merasakan kebahagiaan itu di Old Trafford dengan status sebagai manajer tim. 

Setelah menyampaikan pidato perpisahan, Sir Alex kemudian merayakan gelar Liga Primer yang ke-20 milik klub atau yang ke-13 dirinya selama menangani The Red Devils, bersama dengan para pemain, staf, keluarga, dan fans Setan Merah. Terlihat pria berusia 71 tahun sempat meneteskan air mata pertanda rasa haru kalau ia memang benar-benar akan meninggalkan klub yang sudah dibesarkannya itu.

Dalam hal membeli pemain, mulai dari yang berharga gratis hingga berpuluh-puluh juta poundsterling, Sir Alex Ferguson pernah melakukan semuanya itu.

Dengan pembelian beberapa pemain itulah, karier 26,5 tahun Sir Alex bersama Manchester United menjadi begitu luar biasa. Meski tak dapat dipungkiri ada beberapa pembelian gagal, Sir Alex tentu punya lebih banyak rekrutan sukses yang selalu bisa menjadi ikon sekaligus kebanggan publik Old Trafford.
Dunia sepakbola tentu tak akan asing dengan nama-nama berikut :

ERIC CANTONA
Bukan sebuah kebetulan semenjak Eric Cantona ditransfer sebesar £1,2 juta dari Leeds United pada November 1992, enam bulan kemudian Manchester United menjadi juara Liga Primer untuk mengakhiri 25 tahun puasa gelar. Selama lima tahunnya di Old Trafford, empat kali Cantona mengangkat trofi Liga Primer.

King Eric adalah seorang flamboyan dan juga kontroversial. Mulai dari kerah yang diangkat, mencetak gol tanpa selebrasi, filosofi burung camar-nya, hingga melakukan tendangan kung-fu ke seorang pendukung Crystal Palace. Kegeniusan dan kegilaannya membawa revolusi di tubuh United. Pria Prancis ini sukses mencetak 64 gol dari 143 kali penampilan sebelum pensiun pada tahun 1998.




CRISTIANO RONALDO
Dibandrol seharga £12,25 juta dan segera digelontorkan United ke Sporting Lisbon pada 2003 seakan tiada artinya setelah melihat proyeksi yang dilakukan Fergie untuk menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai pemain termahal sekaligus paling terkenal di dunia. CR7 bertransformasi dari remaja pemalu menjadi salah superstar sepakbola yang hanya bisa disamai oleh Lionel Messi. 

Dribel dengan kecepatan tinggi, stepover khas yang membuat lawan tertipu, tendangan bebas, dan segala trik-triknya membuat Ronaldo menjelma sebagai pemain kesayangan publik Theatre of Dreams selama enam tahun. Saat-saat terbaiknya datang pada musim 2007/08 ketika ia sukses mencetak 31 gol di liga dan membantu Setan Merah meraih gelar ganda.




PETER SCHEMEICHEL
The Great Dane alias Peter Schmeichel dibeli Sir Alex dengan harga sekitar £500 ribu dari Bronby dan tampil sebanyak 393 kali . Kiper asal Denmark ini sukses memenangi lima trofi Liga Primer, tiga Piala FA, satu Piala Liga, dan mengakhiri delapan tahun kariernya di United dengan menjuarai Liga Champions sebagai kapten.

Fisiknya yang tinggi besar membuatnya begitu dominan dalam setiap kehadirannya. Ia juga terkenal dengan teknik 'star jump' yang ditiru oleh banyak kiper lain. Sesungguhnya, kepribadiannya-lah yang paling diingat oleh publik Old Trafford. Ia kerap berteriak sangat keras kepada bek-beknya agar tampil lebih baik. Itulah yang membuatnya menjadi kiper terbaik yang pernah dimiliki Ferguson.



DENIS IRWIN
Denis Irwin adalah pemain yang paling dapat diandalkan dan paling konsisten sepanjang era Fergie. Ditransfer dari Oldham Atlethic seharga £625 ribu pada tahun 1990, bek kiri asal Republik Irlandia ini menjadi bagian penting dari kesuksesan Fergie meraih gelar Liga Primer Inggris pertama kali dan juga saat meraih treble winners pada 1999.

Ia mampu membaca permainan dengan baik, susah ditaklukkan, gemar menusuk ke depan sambil mengirimkan crossing akurat, dan seorang algojo penalti dan tendangan bebas yang dapat diandalkan. Raihan golnya cukup fantastis bagi seorang bek kiri. Dari tahun 1990 hingga 2002, Irwin sukses melesakkan 22 gol, bandingkan dengan Patrice Evra yang saat ini baru mengoleksi tujuh gol. Ia pun sering dijuluki Mr. Consistent dan Mr. Reliable.




ROY KEANE
Direkrut dari Nottingham Forrest pada tahun 1993 seharga £3,75 juta, pembelian Roy Keane adalah rekor transfer di Inggris pada masanya. Keane membuktikan diri sebagai kapten terbaik United di era Ferguson, seorang gelandang komplet, panutan para pemain muda, dan sekaligus sebagai inspirator tim.

Meski terkenal dengan sikap tempramental, kehadiran gelandang Republik Irlandia di lini tengah United ini selalu membuat takut lawan-lawannya. Kejayaan di Liga Champions tahun 1999 tak mungkin diraih tanpanya. Ia berkorban habis-habisan di Turin pada babak semi-final dan membuatnya harus absen di final karena akumulasi kartu.



POLEMIK PENGGANTI SANG MAESTRO
Setelah Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun akhir musim ini, ramai akan dibicarakan siapa pengganti pria asal Skotlandia. Sejumlah nama bermunculan dengan David Moyes jadi kandidat terkuat.

Setidaknya itu dilihat dari Sky Bet, rumah taruhan online milik Sky Sports, tak beberapa lama setelah Fergie mengumumkan bahwa ia akan menutup 26 tahun kariernya sebagai manajer Manchester United.

Moyes yang kini menangani Everton dijagokan oleh Sky sebagai kandidat utama pengganti Fergie musim depan. Di bawahnya ada Jose Mourinho yang juga diisukan akan menangani Chelsea musim depan.

Selain keduanya ada juga nama-nama lain seperti pelatih Borussia Dortmund, Juergen Klopp, lalu disusul dua eks pemain MU, Gary Neville dan Ole Gunnar Solksjaer serta asisten Fergie saat ini, Mike Phelan.

KETIKA PILIHAN JATUH PADA MOYES
Pada 9 Mei 2013, Manchester United mengumumkan pelatih Everton, David Moyes, akan menjadi manajer mereka, menggantikan Alex Ferguson, yang akan pensiun, terhitung sejak 1 Juli 2013. MU mengangkat Moyes dengan persetujuan Ferguson.

Meski nama Moyes sudah lama disebut-sebut media Inggris merupakan salah satu kandidat pengganti Ferguson, sejumlah kalangan tetap mempertanyakan keputusan MU, mengingat pernah membawa Everton menjurai apa pun.

"Apa yang saya tahu tentang David adalah bahwa ia pekerja keras, berintegritas, memiliki etos kerja, dan seorang pelaku sepak bola yang serius," ujar Ferguson.

"Kualitas inilah yang akan ia butuhkan. Jika Anda lihat apa yang telah ia lakukan di Everton, misalnya, sebelas tahun (mengelola tim) tanpa dukungan finansial yang besar, tetapi ia bertahan dan mencuptakan tim-tim yang pantas dalam beberapa tahun terakhir."

"Satu hal yang Anda harus lakukan di sini adalah berkorban dan tekun. Ini bukan melulu kesuksesan. Ada masa-masa berat, ada periode sulit, ada kekalahan-kekalahan yang menyakitkan."

"Pendukung kami telah mengalami banyak penderitaan, tetapi mereka juga telah menikmati banyak hal," tuturnya.



REDKNAPP MENANGGAPI


Harry Redknapp meragukan kiprah David Moyes di Manchester United karena tingginya standar keberhasilan yang telah ditetapkan oleh Sir Alex Ferguson selama 27 tahun di Old Trafford.



Dalam kolomnya di The Sun, pelatih Queens Park Rangers ini menulis bahwa apa yang dialami Moyes sekarang jauh berbeda dibanding waktu Fergie pertama kali datang ke Manchester pada November 1986 silam.

Ketika Fergie menggantikan Ron Atkinson, United sudah 20 tahun tak juara Liga Inggris. Sementara Moyes datang ke United di saat mereka mapan dengan dinasti Fergie yang mempersembahkan 38 gelar.

“Faktanya lebih sulit mengambil alih klub sekarang dibanding ketika Alex Ferguson masuk ke Old Trafford pada 1986. Waktu itu, United sedang kesulitan di liga,” tulis Redknapp.

“Juga karena Ferguson diberi waktu untuk membangun timnya dan dia bisa melakukannya tanpa tekanan terlalu besar. Ekspektasi (untuk Moyes) akan berbeda,” lanjut Redknapp.

“Tanpa mengurangi rasa hormat pada United musim ini—di mana mereka amat konsisten dan terkadang memainkan sepakbola yang bagus, tapi mereka tampaknya hanya sedang berjalan-jalan di liga,” tambah Redknapp.

“Musim depan akan berbeda. Bakal ada lebih banyak tim lagi yang akan memberi perlawanan serius,” pungkas eks pelatih West Ham, Portsmouth, Tottenham Hotspur tersebut.







REPUTASI MU DITANGAN FERGIE


Sir Alexander Chapman "Alex" Ferguson, CBE, dikenal sebagai Sir Alex atau Fergie (lahir 31 Desember 1941 di Govan, Glasgow) adalah manajer sepak bola Skotlandia dan mantan pemain, saat ini mengelola Manchester United, di mana ia menjabat sejak tahun 1986. kepemilikan-Nya telah melihat klub melalui era keberhasilan dan dominasi baik di Inggris dan di Eropa, Sir Alex memberikan reputasi sebagai salah satu yang paling dikagumi dan manajer dihormati dalam sejarah permainan .

Ferguson sebelumnya dikelola Stirlingshire Timur dan St Mirren, sebelum masa yang sangat sukses sebagai manajer Aberdeen. Secara singkat manajer tim nasional Skotlandia - dalam kapasitas sementara karena kematian Jock Stein - ia diangkat manajer Manchester United pada bulan November 1986.

Dengan 24 tahun sebagai manajer Manchester United, dia adalah manajer melayani terpanjang dalam sejarah mereka setelah menyalip rekor Sir Matt Busby's pada tanggal 19 Desember 2010. kepemilikan-Nya juga merupakan terpanjang dari semua manajer Liga saat ini. Selama waktu ini, Ferguson telah memenangkan banyak penghargaan dan memiliki banyak catatan termasuk Manajer memenangkan Tahun kali terbanyak dalam sejarah sepakbola Inggris. Pada tahun 2008, ia menjadi manajer Inggris ketiga untuk memenangkan Piala Eropa pada lebih dari satu kali.

Dia knighted pada tahun 1999 untuk jasanya ke permainan dan juga memegang Kebebasan Kota Aberdeen.

Awal lifeBorn untuk Alexander Beaton Ferguson, penolong Plater di industri perkapalan, dan istrinya, Elizabeth mantan Hardie, Alex Ferguson lahir di rumah neneknya di Shieldhall Road, Govan, pada tanggal 31 Desember 1941, namun dibesarkan di sebuah rumah petak di 667 Govan Road (yang sejak itu telah dibongkar) di mana ia tinggal bersama orang tuanya serta adiknya Martin.

Ia belajar Broomloan Road Sekolah Dasar dan kemudian Govan High School, dan didukung Rangers.

karir bermain careerFerguson Bermain mulai sebagai amatir dengan Queen's Park, di mana ia melakukan debut sebagai striker berusia 16. Dia menggambarkan pertandingan pertamanya sebagai "mimpi buruk" tetapi mencetak gol Park Ratu di kekalahan 2-1 melawan Stranraer. Sebagai Queen's Park adalah sebuah tim amatir ia juga bekerja di galangan kapal Clyde sebagai pekerja-alat magang, di mana ia menjadi sebuah toko serikat pekerja aktif pelayan. Mungkin pertandingan yang paling penting untuk Queen's Park adalah kekalahan 7-1 pergi ke Ratu Selatan pada Boxing Day 1959 ketika mantan pemain internasional Inggris, Ivor Broadis mencetak empat dari Ratu tujuan Selatan. Ferguson adalah Queen's Park pencetak gol sendirian.
Meskipun mencetak 20 gol dalam 31 nya game untuk Queen's Park, ia tidak bisa perintah tempat reguler di samping dan pindah ke St Johnstone pada tahun 1960. Meskipun ia terus mencetak gol secara teratur di St Johnstone, dia masih tidak dapat perintah tempat reguler dan transfer secara berkala diminta. Ferguson tidak disukai di klub dan dia bahkan dianggap beremigrasi ke Kanada, Namun kegagalan St Johnstone untuk menandatangani seorang manajer ke depan dipimpin untuk memilih Ferguson untuk pertandingan melawan Rangers, di mana ia mencetak hattrick dalam kejutan kemenangan. Dunfermline ditandatangani dia musim panas berikut (1964), dan Ferguson menjadi pemain sepakbola profesional penuh waktu.

Musim berikutnya (1964-1965), Dunfermline adalah penantang yang kuat di Liga Skotlandia dan mencapai final Piala Skotlandia, tapi Ferguson dijatuhkan untuk final setelah kinerja yang buruk dalam pertandingan liga melawan St Johnstone. Dunfermline kehilangan 3-2 akhir untuk Celtic, kemudian gagal untuk memenangkan Liga dengan satu poin. Musim 1965-66 melihat Ferguson takik Facebook 45 gol dalam 51 game untuk Dunfermline. Seiring dengan Joe McBride dari Celtic, ia adalah pencetak gol terbanyak di Liga Skotlandia dengan 31 gol.
Dia kemudian bergabung dengan Rangers untuk £ 65.000, maka biaya rekor transfer antara dua klub Skotlandia. Dia menyalahkan untuk tujuan yang mereka kebobolan di Piala 1969 Skotlandia Final, dalam pertandingan di mana ia ditunjuk untuk menandai kapten Celtic, Billy McNeill, dan kemudian terpaksa bermain untuk sisi junior klub bukan untuk tim pertama. Menurut saudaranya, Ferguson sangat kecewa dengan pengalaman yang ia melemparkan medali pecundang nya pergi. Ada pernyataan bahwa ia menderita diskriminasi di Rangers setelah pernikahannya dengan istrinya Cathie, yang Katolik namun Ferguson sendiri membuat jelas dalam otobiografinya bahwa Rangers tahu agama istrinya ketika ia bergabung dengan klub dan bahwa ia meninggalkan klub sangat enggan, karena jatuh-out dari kesalahan cangkir dugaan terakhir .

Oktober berikutnya, Nottingham Forest ingin menandatangani Ferguson, tetapi istrinya tidak tertarik untuk pindah ke Inggris pada waktu itu sehingga ia pergi ke Karawang sebagai gantinya. Dia dipromosikan menjadi pemain-pelatih di sana, tapi ketika John Prentice menjadi manajer ia dihapus tanggung jawab pembinaan Ferguson. Ferguson menjawab dengan meminta transfer dan pindah ke Ayr United, di mana ia mengakhiri kariernya bermain di tahun 1974.

Awal manajerial careerEast StirlingshireIn Juni 1974, Ferguson ditunjuk sebagai manajer Stirlingshire Timur, pada usia yang relatif muda 32. Ini adalah pekerjaan paruh waktu yang dibayar £ 40 per minggu, dan klub tidak memiliki kiper tunggal pada saat itu . Ia segera mendapatkan reputasi sebagai disiplin, dengan klub maju Bobby McCulley kemudian mengatakan dia ". Pernah takut pada siapa pun sebelumnya, tetapi Ferguson bajingan menakutkan dari awal. " pemain-Nya mengagumi keputusan taktis, bagaimanapun, dan hasil klub membaik.

Oktober berikutnya, Ferguson diundang untuk mengelola St Mirren. Sementara mereka di bawah Stirlingshire Timur di liga, mereka adalah klub besar dan meskipun Ferguson merasakan tingkat kesetiaan terhadap Stirlingshire Timur, ia memutuskan untuk bergabung dengan St Mirren setelah mengambil nasihat dari Jock Stein.
St MirrenFerguson adalah manajer St Mirren dari tahun 1974 sampai tahun 1978, menghasilkan transformasi yang luar biasa dari sebuah tim di bagian bawah Divisi II lama ditonton oleh kerumunan lebih dari 1.000, untuk juara Divisi Pertama pada tahun 1977, menemukan bakat seperti Billy Stark , Tony Fitzpatrick, Lex Richardson, Frank McGarvey, Bobby Reid dan Peter Weir saat bermain sepakbola menyerang yang luar biasa. Rata-rata usia tim liga menang 19 dan kapten, Fitzpatrick, adalah 20.

St Mirren telah menjadi klub hanya pernah memecat Ferguson. Dia mengaku salah pemberhentian terhadap klub di pengadilan industri namun kalah dan tidak diberi cuti untuk mengajukan banding. Menurut sebuah artikel Adams Billy Sunday Herald pada tanggal 30 Mei 1999, versi resmi adalah bahwa Ferguson dipecat karena berbagai pelanggaran kontrak termasuk pembayaran yang tidak sah ke pemain. Ia dituduh kontra-perilaku intimidasi terhadap sekretaris kantor karena dia ingin pemain untuk mendapatkan beban pajak gratis. Dia tidak berbicara dengannya selama enam minggu, menyita kunci dan dikomunikasikan hanya melalui asisten 17 tahun. Pengadilan menyimpulkan bahwa Ferguson adalah "sangat kecil" dan "dewasa". Ia menyatakan selama pengadilan oleh Ketua St Mirren, Willie Todd, bahwa Ferguson telah "tidak memiliki kemampuan manajerial".

Pada tanggal 31 Mei 2008, The Guardian menerbitkan sebuah wawancara dengan Todd (sekarang berusia 87), yang telah dipecat Ferguson bertahun-tahun sebelumnya. Dia menjelaskan bahwa alasan mendasar untuk pemecatan itu merupakan pelanggaran kontrak yang berkaitan dengan Ferguson harus setuju untuk bergabung Aberdeen. Ferguson mengatakan kepada wartawan Jim Rodger dari Daily Mirror bahwa ia telah meminta setidaknya satu anggota skuad untuk pergi ke Aberdeen dengan dia. Dia juga mengatakan kepada staf St Mirren ia pergi. Todd menyatakan penyesalan atas apa yang terjadi tapi menyalahkan Aberdeen untuk tidak mendekati klub untuk membahas kompensasi.
Mengelola disappointmentFerguson AberdeenEarly bergabung Aberdeen sebagai manajer pada bulan Juni 1978, menggantikan Billy McNeill yang hanya berhasil klub untuk satu musim sebelum ia ditawari kesempatan untuk mengelola Celtic. Meskipun Aberdeen adalah salah satu klub besar Skotlandia mereka telah memenangkan liga hanya sekali, pada tahun 1955 di bawah Dave Halliday. Tim telah bermain dengan baik, bagaimanapun, dan tidak kehilangan pertandingan liga sejak tanggal sebelumnya, setelah selesai kedua di liga musim sebelumnya. Ferguson kini telah manajer selama empat tahun, tetapi masih tidak jauh lebih tua dari beberapa pemain dan mengalami kesulitan memenangkan rasa hormat dari beberapa yang lebih tua seperti Joe Harper. Musim ini tidak berjalan sangat baik, dengan Aberdeen mencapai semi final Piala Skotlandia dan Piala Liga Skotlandia Final , tetapi kehilangan pertandingan kedua dan finishing keempat di liga.

Aberdeen juga kehilangan 1979-80 Final Piala Liga Skotlandia, kali ini untuk Dundee United setelah replay. Ferguson mengambil menyalahkan untuk mengalahkan, mengatakan bahwa dia harus membuat perubahan kepada tim untuk memutar ulang.
Perak di lastAberdeen mulai musim ini buruk namun penampilan mereka meningkat secara dramatis di tahun baru dan mereka memenangkan liga Skotlandia yang musim dengan kemenangan 5-0 pada hari terakhir. Ini adalah pertama kalinya dalam lima belas tahun yang liga belum dimenangkan oleh salah Rangers atau Celtic. Ferguson sekarang merasa bahwa ia rasa hormat dari para pemainnya, kemudian mengatakan "Itu adalah prestasi yang bersatu kami, aku akhirnya memiliki pemain mempercayai saya.".

Dia masih sangat disiplin, meskipun, dan pemainnya dia dijuluki Furious Fergie. Dia didenda salah satu pemain, John Hewitt, untuk menyalip dia di jalan umum, dan menendang guci teh pada pemain di setengah waktu setelah babak pertama miskin ,Dia tidak puas dengan suasana di Aberdeen pertandingan. , dan sengaja diciptakan 'mentalitas pengepungan' dengan menuduh media Skotlandia menjadi bias terhadap klub Glasgow, dalam rangka untuk memotivasi tim terus. kesuksesan mereka dengan menang Piala Skotlandia pada tahun 1982. Ferguson ditawari pekerjaan manajer di Wolves namun menolaknya karena ia merasa bahwa Wolves berada dalam kesulitan dan "ambisi nya di Aberdeen tidak bahkan setengah terpenuhi".

successFerguson Eropa memimpin Aberdeen untuk keberhasilan yang lebih besar musim berikutnya (1982-1983). Mereka telah lolos ke Piala Eropa Winners 'Cup sebagai hasil dari memenangkan Piala Skotlandia musim sebelumnya, dan mengesankan tersingkir Bayern Munich, yang telah mengalahkan Tottenham Hotspur 4-1 di babak sebelumnya. Menurut Willie Miller, ini memberi mereka kepercayaan diri untuk percaya bahwa mereka bisa pergi untuk memenangkan persaingan, yang mereka lakukan, dengan kemenangan 2-1 atas Real Madrid di final pada tanggal 11 Mei 1983. Aberdeen hanya menjadi tim Skotlandia ketiga (dan, sampai saat ini, terakhir) untuk memenangkan trofi Eropa dan Ferguson sekarang merasa bahwa "dia telah melakukan sesuatu yang berharga dengan hidupnya". Aberdeen juga dilakukan baik di liga yang musim , dan mempertahankan Piala Skotlandia dengan kemenangan 1-0 atas Rangers, namun Ferguson tidak senang dengan bermain timnya dalam pertandingan itu dan marah pemain dengan menggambarkan mereka sebagai "kinerja memalukan" dalam sebuah wawancara televisi setelah pertandingan -pernyataan bahwa ia kemudian ditarik kembali.

Setelah awal yang sub-standar untuk musim 1983-84, bentuk Aberdeen membaik dan tim memenangkan liga Skotlandia dan mempertahankan Piala Skotlandia. Ferguson dianugerahi OBE dalam daftar kehormatan tahun 1984, dan ditawarkan pekerjaan manajer 'di Rangers, Arsenal dan Tottenham Hotspur selama musim. Aberdeen mempertahankan gelar liga mereka di musim 1984-85, tetapi memiliki mengecewakan di musim 1985-86, finishing keempat di liga, meskipun mereka tidak memenangkan kedua cangkir domestik. Ferguson telah ditunjuk untuk dewan direksi klub awal tahun 1986, tetapi dia mengatakan Dick April Donald, ketua mereka, bahwa ia bermaksud untuk meninggalkan musim panas itu.

Ferguson telah menjadi bagian dari staf pelatih untuk tim nasional Skotlandia selama kualifikasi Piala Dunia 1986, tetapi manajer Jock Stein telah roboh dan meninggal pada tanggal 10 September 1985 - pada akhir pertandingan di mana Skotlandia berkualitas dari grup mereka untuk bermain- off melawan Australia. Ferguson segera setuju untuk memimpin tim nasional Skotlandia melawan Australia dan kemudian di Piala Dunia. Untuk memungkinkan dia untuk memenuhi tugas internasional, ia diangkat Archie Knox sebagai co-manager di Aberdeen.

Pada saat ini, Tottenham Hotspur Ferguson menawarkan kesempatan untuk mengambil alih dari Peter Shreeves sebagai manajer, tetapi ia menolak tawaran pekerjaan ini dan pergi ke Luton Town David wiru sebagai gantinya. Ada juga tawaran bagi Ferguson untuk menggantikan Don Howe sebagai manajer Arsenal, tetapi ia menolak tawaran ini juga, dan sesama Scot George Graham mengambil posisi, bukan.
Musim panas itu, ada spekulasi bahwa ia akan mengambil alih dari Ron Atkinson di Manchester United, yang telah merosot ke urutan keempat di atas penerbangan Inggris setelah start 10 pertandingan telah memenangkan gelar kemuliaan tampak tak terelakkan.

Itu bukan pertama kalinya bahwa Ferguson telah dikaitkan dengan kepindahan ke Inggris. Pada bulan Februari 1982, Wolverhampton Wanderers telah mendekati kepadanya tentang berhasil John Barnwell sebagai manajer seperti mereka menuju degradasi dari Divisi Pertama. Ia menolak penawaran ini, mungkin prihatin tentang stabilitas keuangan klub, karena mereka lebih dari £ 2 juta di utang pada waktu itu dan nyaris menghindari keluar dari bisnis. Pada akhir musim 1985-86, baik Arsenal dan Tottenham Hotspur telah mendekati kepadanya tentang menjadi manajer baru mereka, tetapi ia menolak tawaran dari kedua klub London Utara.

Meskipun Ferguson tetap di Aberdeen selama musim panas, ia akhirnya bergabung dengan Manchester United ketika Atkinson dipecat pada bulan November 1986.

Mengelola Manchester UnitedAppointment dan pertama yearsFerguson ditunjuk sebagai manajer di Old Trafford pada 6 November 1986. Dia awalnya khawatir bahwa banyak pemain, seperti Norman Whiteside, Paul McGrath dan Bryan Robson sedang minum terlalu banyak dan "tertekan" dengan tingkat kebugaran, tapi ia berhasil untuk meningkatkan disiplin para pemain 'dan Amerika memanjat meja untuk menyelesaikan musim di tempat 11, setelah 21 (kedua dari bawah) ketika ia mengambil alih.

pertandingan pertamanya bertugas adalah kekalahan 2-0 di underdog Oxford United pada tanggal 8 November, diikuti tujuh hari kemudian oleh imbang tanpa gol di City Norwich yang baru dipromosikan, dan kemudian kemenangan pertama (1-0 di rumah untuk QPR) pada tanggal 22 November . Hasil terus meningkat sebagai musim berlalu, dan pada saat mereka mencatat apa yang akan mereka hanya jauh menang dari kampanye liga di penantang gelar dan mematikan saingan Liverpool pada Boxing Day, jelas bahwa United berada di jalan menuju pemulihan. 1987 dimulai pada catatan yang tinggi dengan kemenangan 4-1 atas Newcastle United dan United secara bertahap menarik bersama di paruh kedua musim, dengan relatif sesekali kekalahan di jalan, dan selesai 11 di akhir tabel.

Ferguson mengalami tragedi pribadi tiga minggu setelah pengangkatannya, ketika ibunya Elizabeth meninggal karena kanker paru-paru berusia 64.

Ferguson menunjuk Archie Knox, asistennya di Aberdeen, sebagai asistennya di Manchester United.

Pada musim 1987-88, Ferguson membuat beberapa pemain besar, termasuk Steve Bruce, Viv Anderson, Brian McClair dan Jim Leighton.

Para pemain baru membuat kontribusi besar kepada tim Serikat yang selesai di tempat kedua, sembilan poin di belakang Liverpool. Namun, poin memimpin Liverpool telah berada di dua digit untuk sebagian besar musim ini dan sementara Serikat telah kehilangan hanya lima pertandingan liga musim semua, mereka menarik 12 game dan ada jelas masih beberapa cara untuk pergi sebelum United bisa cocok dengan barat laut mereka saingan.

United diharapkan untuk melakukannya dengan baik ketika Mark Hughes kembali ke klub dua tahun setelah meninggalkan untuk Barcelona, ​​tapi musim 1988-1989 adalah kekecewaan bagi mereka, finishing kesebelas di liga dan kalah 1-0 di kandang Nottingham Forest di FA Piala Round Keenam. Mereka telah mulai musim perlahan-lahan, akan di jalankan sembilan pertandingan winless sepanjang Oktober dan Nopember (dengan satu kekalahan dan delapan menarik) sebelum menjalankan hasil umumnya baik membawa mereka ke tempat ketiga dan pinggiran tantangan judul dengan pertengahan Februari. Namun, lain menjalankan hasil mengecewakan pada kuartal terakhir musim itu melihat mereka jatuh ke meja pertengahan.

Selama musim, United bermain di pertandingan persahabatan melawan tim nasional Bermuda dan Somerset County Cricket Club sebagai bagian dari tur tim Bermuda tentang Inggris. Dalam pertandingan melawan Somerset, baik Ferguson dirinya dan asistennya, Archie Knox, turun ke lapangan, dengan Knox bahkan mendapatkan pada scoresheet tersebut. Pertandingan tetap hanya penampilan Ferguson untuk tim Manchester United pertama.

Untuk musim 1989-90, Ferguson lebih lanjut meningkatkan pasukannya dengan membayar sejumlah besar uang untuk gelandang Neil Webb, Mike Phelan dan Paul Ince, juga bek Gary Pallister dan pemain sayap Danny Wallace. musim dimulai dengan baik dengan menang 4-1 atas juara bertahan Arsenal pada hari pembukaan, tetapi bentuk liga United cepat berubah masam. Pada bulan September, Amerika mengalami kekalahan 5-1 menghinakan diri terhadap saingan sengit Manchester City. Setelah ini dan awal musim lari dari enam kekalahan dan dua kali seri dalam delapan pertandingan, spanduk yang menyatakan "Tiga tahun alasan dan itu masih omong kosong Ta ra Fergie.." dipajang di Old Trafford, dan banyak jurnalis dan pendukung meminta Ferguson akan dipecat. Ferguson kemudian dijelaskan Desember 1989 sebagai "periode gelap, dia pernah menderita dalam permainan", sebagai United berakhir dekade di luar zona degradasi.

Namun, Ferguson kemudian mengungkapkan bahwa dewan direksi telah meyakinkannya bahwa mereka tidak mempertimbangkan memberhentikannya. Meskipun secara alami kecewa dengan kurangnya keberhasilan di liga, mereka mengerti alasan untuk hasil sub-standar (yaitu tidak adanya beberapa pemain kunci karena cedera) dan merasa puas dengan cara yang Ferguson telah melakukan reorganisasi pembinaan klub dan kepanduan sistem .

Setelah lari dari tujuh pertandingan tanpa menang, Manchester United tertarik pergi ke Nottingham Forest di babak ketiga Piala FA. Hutan yang berkinerja baik musim dan dalam proses memenangkan Piala Liga untuk musim kedua berjalan, dan diharapkan bahwa United akan kehilangan pertandingan dan Ferguson akibatnya akan dipecat, tetapi United memenangkan pertandingan 1-0 berkat gol Mark Robins dan akhirnya mencapai final. Ini memenangkan piala sering dikutip sebagai pertandingan yang disimpan Ferguson Old karir Trafford, meskipun sejak saat itu telah menyatakan bahwa pekerjaannya tidak pernah berisiko. Kemudian memenangkan Piala FA, mengalahkan Crystal Palace 1-0 di replay final setelah imbang 3-3 pada pertandingan pertama, Ferguson memberikan trofi besar pertama sebagai manajer Manchester United. kelemahan pertahanan United di pertandingan pertama secara sepihak disalahkan pada kiper Jim Leighton, memaksa Ferguson untuk menjatuhkan mantan pemain Aberdeen dan membawa Les Sealey.

The titleAlthough bentuk liga liga pertama United meningkat pesat pada tahun 1990-91, mereka masih tidak konsisten dan finish di urutan keenam. Ada beberapa penampilan yang sangat baik yang musim, termasuk pembongkaran 6-2 dari Arsenal di Highbury, tapi hasil seperti hilangnya awal 2-1 di Sunderland yang baru dipromosikan, seorang September memalu 4-0 oleh Liverpool di Anfield, dan rumah 2-0 kalah oleh Everton di awal Maret (permainan di mana 17 tahun panas prospek Ryan Giggs melakukan debut seniornya) menunjukkan bahwa United masih memiliki beberapa cara untuk pergi.

Bahkan setelah kemenangan Piala FA Final pada musim sebelumnya, beberapa masih memiliki keraguan tentang kemampuan Ferguson untuk berhasil di mana semua manajer lain sejak Busby telah gagal -. Untuk memenangkan gelar liga [40] Mereka adalah runner-up di Piala Liga, kalah 1-0 untuk Sheffield Wednesday. Mereka juga mencapai final Piala Eropa Winners 'Cup, mengalahkan juara Spanyol yang musim Barcelona 2-1. Setelah pertandingan, Ferguson bersumpah bahwa United akan memenangkan liga musim berikutnya, dan pada akhirnya ia tampaknya telah menang atas terakhir skeptis setelah hampir lima tahun di pekerjaan itu.

Selama musim dekat 1991, asisten Ferguson Archie Knox berangkat ke Glasgow Rangers untuk menjadi asisten Walter Smith, dan Ferguson dipromosikan pemuda pelatih tim Brian Kidd dengan peran asisten manajer di tempat Knox. Dia juga membuat dua pemain utama - kiper Peter Schmeichel dan bek Paul Parker - untuk memperkuat sisinya. Ada antisipasi banyak tentang terobosan dari Ryan Giggs muda, yang telah bermain dua kali dan mencetak sekali dalam kampanye 1990-91, dan munculnya awal lain pemain sayap muda mengesankan dalam bentuk Lee Sharpe, yang meskipun muda mereka telah membuat Ferguson merasa sanggup melawan terjun ke pasar transfer dan membeli pemain baru untuk mengambil alih dari Danny Wallace mengecewakan di sayap kiri. Dia juga menambahkan Andrei Kanchelskis Ukraina ke sayap kanan, memberinya alternatif menyerang lebih ke kanan lebih tua berkaki gelandang Mike Phelan dan Bryan Robson.

Musim 1991-92 tidak memenuhi harapan Ferguson dan, dalam kata-kata Ferguson, "banyak di media merasa bahwa kesalahannya telah memberikan kontribusi terhadap penderitaan". United memenangkan Piala Liga dan Super Cup untuk pertama kalinya waktu, tetapi kalah pada judul liga untuk rival Leeds United setelah memimpin tabel untuk banyak musim. Kurangnya tujuan dan yang diselenggarakan untuk menarik oleh tim-tim mereka telah diharapkan untuk mengalahkan pada paruh kedua kampanye telah terbukti menjadi kehancuran dari sisi Serikat yang telah melakukan begitu baik di paruh pertama musim.

Ferguson merasa bahwa kegagalan untuk mengamankan penandatanganan Mick Harford dari Luton Town memiliki biaya Serikat liga, dan bahwa dia membutuhkan "dimensi ekstra" untuk tim jika mereka untuk memenangkan liga musim berikutnya.

Selama musim dekat 1992, Ferguson terus memburu striker baru. Dia pertama kali berusaha untuk menandatangani Alan Shearer dari Southampton, namun kalah keluar untuk Blackburn Rovers. Dia juga membuat setidaknya satu pendekatan untuk striker Sheffield Wednesday David Hirst, tetapi manajer Trevor Francis menolak semua penawaran dan pemain tetap tinggal. Pada akhirnya, ia membayar £ 1 juta untuk 23 tahun striker Cambridge United Dion Dublin - hanya menandatangani utamanya musim panas.

Setelah awal yang lambat musim 1992-93 (mereka 10 dari 22 pada awal bulan November) itu tampak seolah-olah Serikat akan kehilangan gelar liga (sekarang Liga Premier) lagi. Namun, setelah pembelian striker Perancis Eric Cantona dari Leeds United seharga £ 1,2 juta, masa depan Manchester United, dan posisi Ferguson sebagai manajer, mulai terlihat cerah. Cantona membentuk kemitraan yang kuat dengan Mark Hughes dan dipecat klub ke atas meja, berakhir tunggu United 26-tahun untuk Liga Championship, dan juga membuat mereka yang pertama kalinya Liga Champions. United telah selesai juara dengan margin 10 poin di atas runner-up Aston Villa, yang 1-0 kekalahan di Oldham pada tanggal 2 Mei 1993 telah memberikan Serikat judul. Ferguson terpilih Manager of the Year oleh Manajer Liga Asosiasi.



1993-1994 membawa lebih sukses. Ferguson tambah gelandang 22 tahun Nottingham Forest Roy Keane kepada jajaran untuk biaya rekor Inggris 3.75million £ sebagai pengganti jangka panjang untuk Bryan Robson, yang sudah mendekati akhir kariernya.

Serikat memimpin Liga Premier 1993-94 hampir dari awal sampai akhir.

Ferguson adalah pemenang pertama dari Liga Premier Manager penghargaan Bulan, diperkenalkan untuk awal, musim 1993-1994 ketika ia mengumpulkan penghargaan untuk Agustus 1993.

Cantona adalah pencetak gol terbanyak dengan 25 gol di semua kompetisi meskipun dikirim dari dua kali dalam waktu lima hari pada bulan Maret 1994. United juga mencapai final Piala Liga namun kalah 3-1 untuk Aston Villa, dikelola oleh pendahulunya Ferguson, Ron Atkinson. Dalam final Piala FA, Manchester United mencapai scoreline 4-0 mengesankan melawan Chelsea, Ferguson memenangkan Liga kedua dan Piala Double, berikut nya Skotlandia Divisi Premier dan Piala Skotlandia judul dengan Aberdeen di 1984-1985, meskipun kekalahan final Piala Liga dimaksud bahwa ia belum mencapai pengulangan treble bahwa ia telah dicapai dengan Aberdeen pada tahun 1983.

Ferguson hanya membuat satu penandatanganan dekat-musim, membayar Blackburn Rovers £ 1.2million bagi David Mei. Ada laporan bahwa koran Ferguson juga akan menandatangani dinilai tinggi striker 21 tahun Chris Sutton dari Norwich City, tapi pemain menuju Blackburn Rovers sebagai gantinya.

1994-95 adalah musim yang sulit bagi Ferguson. Cantona diserang seorang pendukung Crystal Palace dalam pertandingan di Selhurst Park, dan tampaknya kemungkinan ia akan meninggalkan sepakbola Inggris. Sebuah larangan delapan bulan Cantona lewatkan melihat empat bulan terakhir musim. Dia juga menerima hukuman penjara 14 hari untuk pelanggaran, tapi kalimat itu dibatalkan pada banding dan diganti dengan tatanan masyarakat 120 jam layanan. Di sisi terang, Amerika membayar biaya rekor Inggris 7million £ untuk produktif striker Newcastle Andy Cole, dengan pemain sayap muda Keith Gillespie menuju ke timur laut di bursa. musim ini juga melihat terobosan dari pemain muda Gary Neville, Nicky Butt dan Paul Scholes, yang menyediakan penutup yang sangat baik untuk periode panjang yang Serikat dibiarkan tanpa beberapa bintang mereka yang lebih berpengalaman.

Namun, kejuaraan menyelinap keluar dari genggaman Manchester United saat mereka imbang 1-1 dengan West Ham United pada hari terakhir musim, ketika menang itu akan memberi mereka gelar liga ketiga berturut-turut. United juga kehilangan final Piala FA dengan kekalahan 1-0 untuk Everton.

Ferguson sangat dikritik di musim panas tahun 1995 ketika tiga pemain bintang United diizinkan untuk meninggalkan dan penggantian tidak dibeli. Pertama Paul Ince pindah ke Internazionale Italia sebesar £ 7,5 juta, lama melayani striker Mark Hughes tiba-tiba dijual ke Chelsea dalam kesepakatan £ 1.500.000, dan Andrei Kanchelskis dijual ke Everton.

Ferguson melakukan pendekatan untuk pemain sayap Tottenham Hotspur Darren Anderton, namun pemain menandatangani kontrak baru dengan klub London Utara. Dia kemudian mengajukan tawaran untuk menandatangani Belanda Marc Overmars dari Ajax Amsterdam (juara Piala Eropa), namun pemain mengalami cedera lutut serius dan dikesampingkan selama berbulan-bulan. Laporan media menyatakan bahwa Serikat akan membuat pendekatan untuk Juventus dan Italia Roberto Baggio ke depan, yang umumnya dianggap sebagai pemain terbaik di dunia saat ini, namun pemain tetap di tanah airnya dan ditandatangani untuk AC Milan sebagai gantinya.

Secara luas diketahui bahwa Ferguson merasa bahwa United memiliki sejumlah pemain muda yang siap untuk bermain dalam tim pertama. Anak muda, yang akan dikenal sebagai "Fergie Fledglings", termasuk Gary Neville, Phil Neville, David Beckham, Paul Scholes dan Nicky Butt, yang semuanya akan pergi untuk menjadi anggota penting dari tim. Dan musim 1995-96 mulai tanpa penandatanganan utama, pada saat orang seperti Arsenal, Liverpool dan Newcastle United telah membuat berita utama dengan pemain uang besar.

Ketika United kalah dalam pertandingan liga pertama musim 1995-96 ke Aston Villa 3-1, media menukik pada Ferguson dengan gembira terang-terangan. Mereka menulis Serikat off karena skuad Ferguson berisi pemain muda dan berpengalaman begitu banyak. Match of the Day cendekiawan, Alan Hansen menyatakan bahwa "Anda tidak bisa memenangkan apa pun dengan anak-anak".

Namun, pemain muda dilakukan dengan baik dan United memenangkan lima pertandingan berikutnya, menuntut balas dendam mereka atas Everton atas kekalahan Piala FA dengan kemenangan 3-2 di Goodison Park dan mencapai jauh menang 2-1 atas juara bertahan Blackburn Rovers yang sekarang tampak agak mirip battlers degradasi dari gelar juara.

Cantona kembali dari suspensi adalah dorongan, tetapi mereka mendapati diri mereka 10 poin di belakang Newcastle United dengan Natal 1995. Sebuah rumah 2-0 menang atas Tynesiders pada 27 Desember mempersempit kesenjangan untuk tujuh poin dan selanjutnya menang atas berjuang QPR menyempit ke empat poin, namun kekalahan 4-1 untuk United di Tottenham pada Hari Tahun Baru 1996 dan 0 - 0 rumah menggambar dengan Aston Villa melihat kembali membangun Newcastle memimpin mereka lebar dan terlihat yakin bahwa gelar liga itu Newcastle.

Namun serangkaian hasil yang baik dimulai pada pertengahan Januari 1996 melihat menutup kesenjangan, dan ketika bepergian ke Newcastle United dan menang 1-0 pada 4 Maret, kesenjangan turun ke titik tunggal.

Serikat pergi puncak klasemen segera setelah menang di Newcastle, yang terus kehilangan poin penting dalam permainan.

Awal April melihat ledakan terkenal Manajer Newcastle Kevin Keegan di televisi hidup ("Aku akan senang jika kami mengalahkan mereka Love it!"), Dan umumnya dianggap sebagai momen yang diperoleh Ferguson atas tangan terhadap lawannya. United gelar Premier League keberhasilan telah dikonfirmasi pada hari terakhir musim, ketika mereka mengalahkan sisi Middlesbrough yang dikelola oleh mantan kapten United Bryan Robson dalam permainan yang berakhir dengan kemenangan 3-0 meskipun menampilkan kuat oleh Boro pengganggu laporan sebelum pertandingan yang Robson akan memberikan tim lamanya sebuah perjalanan yang mudah.

Mereka bermain Liverpool di tahun final Piala FA, menang 1-0 dengan tujuan akhir oleh Cantona. Hal ini membuat mereka tim pertama dalam sepakbola Inggris untuk mengulang gelar ganda liga dan Piala FA, dan lebih mengesankan adalah fakta bahwa itu telah dicapai dengan satu set sama pemain untuk orang-orang yang mencapai ganda pertama.

1996-97 melihat Ferguson panduan Manchester United untuk keempat gelar Liga Premier dalam lima musim. Di akhir musim gugur, mereka menderita kekalahan tiga liga berturut-turut dan kebobolan 13 gol dalam proses. Mereka juga kehilangan 40 tahun mereka catatan rumah terkalahkan di Eropa untuk Fenerbahçe sisi unfancied Turki. Tapi mereka masih mencapai semi final Liga Champions, di mana mereka kalah dari Borussia Dortmund dari Jerman. Pada akhir musim, Cantona mengejutkan pensiun dari sepak bola.

kisah sukses lain dari musim 1996-97 adalah dua pemain Norwegia, striker Ole Gunnar Solskjaer (top skorer klub musim itu) dan bek Ronny Johnsen, yang murah membeli saat mereka masih kecil dikenal di luar Liga Premier pada saat kedatangan mereka musim panas sebelumnya tetapi kemudian menjadi faktor kunci dalam keempat judul United Liga Premier.



Ferguson membuat dua pemain baru untuk meningkatkan tantangan bagi United, musim 1997-1998 31 tahun striker Inggris Teddy Sheringham dan bek Henning Berg. Namun musim berakhir trophyless sebagai Arsenal memenangi Liga Premier di bawah manajer Prancis Arsene Wenger, yang memulai persaingan jangka panjang dengan Ferguson. Untuk sebagian besar musim ini United telah melihat berada di jalan menuju kesuksesan. Mereka memimpin meja untuk banyak musim sebelum serangkaian hasil yang mengecewakan di kuartal terakhir - dikombinasikan dengan Arsenal mengambil keuntungan dari permainan di tangan - melihat kepala gelar liga ke London Utara. Ada promisement banyak di Piala Eropa sebagai United mencatat kemenangan mengesankan 3-2 atas Juventus dalam pertandingan grup sebelum dieliminasi oleh AS Monaco di babak perempat final. Piala FA tantangan mereka dimulai dengan sangat baik jauh menang 5-3 atas pemegang Chelsea sebelum keluar kejutan replay babak kelima di sisi Barnsley yang mengakhiri musim terdegradasi dari Liga Premier.

Musim panas tahun 1998 melihat striker Dwight Yorke, bek Belanda Jaap Stam dan pemain sayap Swedia Jesper Blomqvist bergabung dengan Manchester United untuk total gabungan hampir £ 30million.

Pada bulan Desember 1998, asisten Ferguson Brian Kidd menerima tawaran untuk mengelola Blackburn Rovers dan ia merekrut Steve McClaren dari Derby County sebagai penggantinya. Ironisnya, pihak Kidd terdegradasi dalam permainan kedua dari belakang di musim liga saat Manchester United menahan mereka untuk imbang 0-0.

1998-99 melihat klub memenangkan treble belum pernah terjadi sebelumnya gelar Liga Premier, Piala FA dan Liga Champions. musim ini ditandai dengan pertandingan yang sangat dramatis. Dalam Liga Champions leg kedua semi-final, United kebobolan dua gol lebih awal pergi ke Juventus, namun terinspirasi oleh Roy Keane, yang kemudian akan melewatkan akhir melalui suspensi, United kembali untuk mengalahkan Juventus 3-2 dan meraih Piala Eropa pertama mereka final sejak 1968. Dalam Piala FA semi-final, United menghadapi Arsenal rival dekat dan tampaknya menuju kekalahan ketika Keane dikirim off dan Arsenal mendapat penalti di menit terakhir. Peter Schmeichel disimpan hukuman, dan dalam waktu ekstra Ryan Giggs berlari sepanjang lapangan untuk mencetak mungkin tujuan yang paling mengesankan dari karirnya untuk memenangkan pertandingan. Mereka kemudian mengalahkan Newcastle United 2-0 di Final Piala FA di Wembley berkat gol dari Teddy Sheringham dan Paul Scholes. Kemenangan Eropa yang paling luar biasa dari semua. Dengan 90 menit pada jam 1-0 mereka ke Bayern Munich di Nou Camp di Barcelona setelah tendangan bebas Mario Basler, tetapi dalam 3 menit injury time diizinkan oleh wasit Pierluigi Collina, Teddy Sheringham, pengganti, menyamakan kedudukan dan ekstra tampak waktu tertentu. Tetapi dengan detik saja meninggalkan pada jam, Ole Gunnar Solskjaer, juga merupakan substitusi terlambat, mencetak gol kemenangan dan sejarah dibuat.

Pada tanggal 12 Juni 1999, Ferguson menerima ksatria sebagai pengakuan atas jasanya ke permainan.

Judul topi-trickManchester Serikat mengakhiri musim 1999-2000 sebagai juara dengan hanya tiga Premier League kekalahan, dan bantal dari 18 poin. Kesenjangan besar antara Amerika dan sisanya dari Liga Premier, meskipun mereka telah menghadapi persaingan yang ketat dari orang seperti Arsenal dan Leeds United sampai minggu-minggu terakhir musim ini, menyebabkan beberapa bertanya-tanya apakah dominasi keuangan klub itu berkembang menjadi masalah bagi permainan Inggris.

Pada bulan April 2000, diumumkan bahwa Manchester United telah setuju untuk menandatangani Belanda Ruud van Nistelrooy dari PSV Eindhoven dengan biaya rekor Inggris £ 18million. Tapi langkah itu ditunda ketika van Nistelrooy gagal medis, dan ia kemudian kembali ke tanah airnya dalam upaya untuk mendapatkan kembali kebugaran, hanya untuk mengalami cedera lutut serius yang memerintah dia keluar selama hampir setahun.

28 tahun Fabien Barthez kiper Prancis ditandatangani dari Monaco seharga £ 7.8million-membuatnya menjadi kiper paling mahal harus ditandatangani oleh sebuah klub Inggris, dan United meraih gelar lagi, hanya menjadi sisi keempat dalam sejarah untuk memenangkan Inggris judul liga tiga musim berturut-turut. Mereka juga cocok rekor Liverpool (set pada tahun 1991) dari 10 berturut-turut atas dua selesai.

Namun, tekan sebagian besar melihat 1999-2000 dan 2000-01 kampanye sebagai kegagalan karena United telah gagal untuk memenangkan Piala Eropa, jatuh pada tahap akhir kuartal ke Real Madrid pada tahun 2000 dan Bayern Munich pada tahun 2001.

Selama musim dekat 2001 Ruud van Nistelrooy bergabung, dan segera setelah Manchester United kembali memecahkan rekor transfer Inggris-kali ini Lazio 28.1million membayar £ untuk menyerang gelandang Argentina Juan Sebastián Verón, meskipun ia gagal untuk hidup sesuai dengan harapan yang tinggi biaya transfer nya disarankan dan ia dijual ke Chelsea seharga £ 15million hanya dua tahun kemudian.

Dua pertandingan memasuki musim 2001-02, Belanda Jaap Stam bek tengah dijual kepada Lazio dalam kesepakatan £ 16million. Alasan untuk keberangkatan Stam adalah diyakini telah klaim dalam otobiografinya Kepala dengan Kepala bahwa ia telah secara ilegal berbicara tentang pindah ke Manchester United oleh Ferguson, sebelum sebelumnya klub PSV Eindhoven telah diberitahu. Ferguson diganti Stam dengan 36 tahun Internazionale bek tengah Laurent Blanc.

Sebelum musim dimulai, Ferguson juga kehilangan asistennya Steve McClaren, yang mengambil alih sebagai manajer Middlesbrough, dan memberikan peran untuk lama menjabat pelatih Jim Ryan sampai pengganti yang lebih permanen dapat ditemukan.

8 Desember 2001, setelah menjalankan mengerikan bentuk yang melihat salah satu menang dan enam kekalahan pada periode tujuh pertandingan liga, Manchester United kesembilan di Premier League - 11 poin di belakang pimpinan Liverpool yang punya permainan di tangan. Ada kekhawatiran luas bahwa mereka mungkin tidak memenuhi syarat untuk Eropa, apalagi memenangkan gelar liga.

Kemudian datang giliran dramatis di dalam bentuk: antara pertengahan Desember dan akhir Januari, delapan menang berturut-turut melihat Manchester United naik ke puncak Liga Premier dan menempatkan tantangan gelar mereka ke jalurnya. Meskipun demikian, Amerika selesai ketiga di Liga sebagai saingan Arsene Wenger merebut gelar untuk Arsenal di Old Trafford dengan kemenangan 1-0 di pertandingan kedua terakhir musim ini setelah Serikat menjatuhkan poin dalam beberapa pertandingan penting lain selama jangka-in .

Serikat juga berhasil di Eropa, kehilangan Liga Champions semifinal gol tandang ke Bayer Leverkusen. Awal keluar dari Piala Liga dan Piala FA berarti bahwa musim berakhir trophyless. Ketika mereka ketiga di liga dan belum mencapai cangkir final, itu adalah pertama kalinya sejak tahun 1989 bahwa mereka telah menyelesaikan musim tanpa menjadi pemenang atau runner-up dari kompetisi utama.

Musim 2001-02 adalah telah Ferguson terakhir sebagai manajer Manchester United, dan tanggal menjulang pensiun dikutip Sebagai alasan untuk kehilangan tim bentuk. Ferguson sendiri mengakui bahwa keputusan untuk pra-mengumumkan pensiun telah mengakibatkan dampak yang negatif terhadap para pemain dan kemampuannya untuk menerapkan disiplin. Tetapi pada bulan Februari 2002 dia setuju untuk tetap berkuasa selama setidaknya tiga tahun.

Musim dekat melihat Manchester United memecahkan rekor transfer Inggris lagi-lagi ketika mereka membayar Leeds United £ 30million selama 24 tahun bek tengah Rio Ferdinand.

Musim panas itu, Ferguson mendatangkan pelatih Portugal Carlos Queiroz sebagai asistennya.

Manchester United memenangkan gelar kedelapan Liga Premier namun hanya selama dua bulan sebelum akhir musim mereka delapan poin di belakang pimpinan Arsenal. Namun peningkatan dalam bentuk untuk United, dan penurunan untuk Arsenal, melihat piala Liga Premier secara bertahap menyelinap keluar dari memahami London 'dan mendorong kembali ke arah Old Trafford. Ferguson menggambarkan kemenangan 2002-03 judul sebagai yang paling memuaskan yang selalu, karena sifat dari sebuah comeback yang luar biasa. The baik run-dalam telah menghasilkan 10 kemenangan dan imbang (termasuk rumah menang 4-0 atas Liverpool dan 6-2 jauh pembongkaran Newcastle United) dari 11 pertandingan terakhir, dan tidak ada kekalahan sejak Boxing Day.

Bukan untuk pertama kalinya, Ferguson telah terbukti sebagai master permainan pikiran manajerial-, berhasil berderak ketenangan Arsenal dan sebaliknya yg tak dpt diganggu manajer mereka Arsene Wenger.

Ferguson dipandu Manchester United untuk kesebelas mereka Piala FA pada akhir musim 2003-04, tapi itu adalah musim mengecewakan yang telah melihat mereka menyelesaikan ketiga di Liga Premier (yang dimenangkan oleh pihak Arsenal tak terkalahkan) dan menderita eliminasi Liga Champions di tangan para pemenang akhirnya FC Porto. Rio Ferdinand merindukan empat bulan terakhir musim ini, saat ia menjabat awal dari sebuah larangan delapan bulan karena gagal dalam tes obat-obatan. pemain baru seperti Eric Djemba-Djemba dan Jose Kleberson yang mengecewakan, Amerika berusaha untuk menandatangani Ronaldinho dan Fergie percaya kesepakatan itu sebaik dilakukan sebelumnya Peter Kenyon menyebabkannya menjadi berantakan, tapi ada setidaknya satu penandatanganan produktif dalam pemain sayap Portugal Cristiano remaja Ronaldo. Striker Louis Saha, ditambah pada Januari, juga terbukti cukup berhasil untuk menutupi Ole Gunnar Solskjaer cedera dalam serangan.

Pada awal musim 2004-05, striker remaja Wayne Rooney (remaja dunia yang paling mahal di lebih dari £ 20 juta) dan bek Argentina Gabriel Heinze bergabung Serikat sedangkan Cristiano Ronaldo lanjutan tempat ia meninggalkan dari musim sebelumnya dengan menempatkan dalam pertandingan lebih -memenangkan pertunjukan. Namun kurangnya striker setelah van Nistelrooy menghabiskan sebagian besar musim terluka melihat klub finish ketiga untuk ketiga kalinya dalam empat musim. Di Piala FA mereka kalah adu penalti untuk Arsenal. Sebuah keluar putaran kedua dari Piala Eropa di tangan AC Milan dan keluar semi-final dari Piala Liga di tangan Chelsea akhirnya pemenang (yang juga merebut gelar Premier League) berarti bahwa 2004-05 adalah contoh langka musim trophyless untuk United.

Ferguson persiapan untuk musim itu terganggu oleh sengketa high-profile dengan pemegang saham utama John Magnier, atas kepemilikan kuda pacu Rock of Gibraltar. Ketika Magnier dan mitra bisnis JP McManus setuju untuk menjual sahamnya kepada bisnis konglomerat Amerika Malcolm Glazer, dibersihkan jalan bagi Glazer untuk mendapatkan kontrol penuh dari klub. Hal ini memicu protes keras dari penggemar Serikat, dan terganggu rencana Ferguson untuk memperkuat tim di bursa transfer. Meskipun demikian, United tampak untuk memecahkan kiper mereka dan masalah lini tengah. Untuk ini, mereka menandatangani kiper Belanda Edwin van der Sar dari Fulham dan bintang Korea Park Ji-Sung dari PSV.

Musim adalah salah satu dari transisi. Pada tanggal 18 November, Roy Keane resmi meninggalkan klub, kontrak berakhir dengan kesepakatan bersama. United gagal lolos ke fase knock-out dari UEFA Champions 'League. Dalam transfer window Januari bek Serbia Nemanja Vidić dan Perancis full-back Patrice Evra ditandatangani, dan sisi selesai di tempat kedua di liga, di bawah pemimpin pelarian Chelsea. Memenangkan Piala Liga adalah hadiah hiburan karena kurangnya keberhasilan di tempat lain. masa depan Ruud van Nistelrooy di Old Trafford tampaknya ragu-ragu setelah tidak dimulai pada final Piala Carling, dan ia berangkat pada akhir musim.

Kedua piala Eropa
Ferguson dengan mantan asisten manajer Carlos QueirozIn 2006, Michael Carrick ditandatangani sebagai pengganti Roy Keane seharga £ 14 juta, meskipun angka itu akhirnya mungkin naik di masa depan untuk £ 18.600.000 tergantung pada penampilan dan hasil. United memulai musim dengan sangat baik, dan untuk pertama kalinya pertama mereka memenangkan empat pertandingan Liga Premier. Mereka menetapkan langkah awal di Liga Premier dan tidak pernah melepaskan tempat teratas dari sepuluh pertandingan musim 38-game. Januari 2006 pemain memiliki dampak besar pada kinerja United, Patrice Evra dan Nemanja Vidić datang untuk membentuk sebuah lini belakang yang solid bersama dengan pemain yang sudah ada Rio Ferdinand dan kapten Gary Neville. Penandatanganan Michael Carrick, yang dipertanyakan dan dikritik oleh sebagian besar media, membawa stabilitas dan kreativitas lebih lanjut di lini tengah Serikat, membentuk kemitraan yang efektif dengan Paul Scholes. Park Ji-Sung dan Ryan Giggs baik digarisbawahi nilai mereka ke skuad tim pertama dengan menambahkan kecepatan yang signifikan dan ketajaman dalam serangan dengan Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo.

Ferguson merayakan 20 tahun menjabat sebagai manajer Manchester United pada 6 November 2006. Upeti juga datang dari pemain Ferguson, baik dulu dan sekarang,serta musuh lamanya, Arsene Wenger, kapten tuanya, Roy Keane, dan pemain saat ini. Partai ini merusak hari berikutnya ketika Amerika mengalami kekalahan satu gol di tangan Southend di babak keempat Piala Carling. Namun, pada tanggal 1 Desember diumumkan bahwa Manchester United telah menandatangani 35 tahun, Henrik Larsson pada pinjaman, pemain bahwa Ferguson mengagumi selama bertahun-tahun, dan berusaha untuk menangkap sebelumnya. Pada tanggal 23 Desember 2006, Cristiano Ronaldo mencetak gol 2000 klub di bawah kemudi Ferguson dalam pertandingan melawan Aston Villa.
Manchester United kemudian kesembilan mereka memenangkan gelar Liga Premier namun ditolak unik keempat ganda oleh Chelsea's Didier Drogba mencetak gol di akhir Final Piala FA di Wembley.

Di Liga Champions, klub mencapai semifinal, rekaman rumah 7-1 menang atas Roma di leg kedua perempat final, namun kalah di San Siro ke Milan 3-0 di leg kedua semifinal setelah 3-2 naik dari leg pertama. Namun, itu adalah tanda kuat bahwa Amerika sedang dalam perjalanan kembali ke dominasi setelah beberapa tahun yang dibayangi oleh Arsenal dan lebih khusus lagi Chelsea.

Untuk musim 2007-08, Ferguson membuat pemain penting untuk memperkuat tim utama United. Jangka panjang target Owen Hargreaves bergabung dari Bayern Munich, sehingga mengakhiri satu tahun negosiasi. Ferguson lebih lanjut didukung lini tengah dengan penambahan pemain sayap muda Portugal Nani dan Anderson playmaker Brasil. Penandatanganan musim panas yang lalu adalah dari West Ham United dan striker Argentina Carlos Tévez setelah saga transfer kompleks dan berlarut-larut.

Serikat telah memulai terburuk mereka untuk musim di bawah Ferguson, gambar pertama mereka dua pertandingan liga sebelum menderita kekalahan 1-0 untuk saingan lokal Manchester City. Namun, Amerika pulih dan mulai balapan ketat dengan Arsenal untuk judul. Setelah berjalan baik bentuk, Ferguson mengklaim bahwa sepanjang waktu di Manchester United, ini adalah skuad terbaik yang telah berhasil merakit sejauh ini.

Pada tanggal 16 Februari 2008, United mengalahkan Arsenal 4-0 dalam pertandingan Piala FA Putaran Kelima di Old Trafford, tapi tersingkir oleh pemenang akhirnya Portsmouth (meja pertengahan sisi di liga) pada kuartal terakhir pada tanggal 8 Maret, kehilangan 1 - 0 di rumah. United telah memiliki klaim penalti ditolak, Ferguson diduga setelah pertandingan bahwa Keith Hackett, manajer umum Professional Game Match Pejabat Dewan, adalah "tidak melakukan tugasnya dengan baik". Ferguson kemudian dibebankan oleh FA dengan perlakuan yang tidak semestinya, yang ia memutuskan untuk kontes. Ini adalah dakwaan kedua yang dihadapi Ferguson di musim ini, menyusul keluhan melawan wasit setelah United kalah 1-0 di Bolton Wanderers - tuduhan ia memutuskan untuk tidak kontes.

Pada tanggal 11 Mei 2008, Ferguson membawa Manchester United ke gelar Liga Premier kesepuluh, tepat 25 tahun sehari setelah ia memimpin Aberdeen untuk kemuliaan Eropa melawan Real Madrid di Piala Eropa Winners 'Cup. Saingan terdekat Chelsea - level poin masuk ke babak final pertandingan, tetapi dengan selisih gol lebih rendah - hanya bisa imbang 1-1 di kandang Bolton, finishing terpaut dua poin dari juara. United memenangkan gelar itu disegel dengan kemenangan 2-0 atas Wigan Athletic, yang dikelola oleh mantan kapten United Steve Bruce, yang sebelum pertandingan meniup peluit pada saran bahwa ia akan memberikan klub lamanya yang mudah naik - 12 sama seperti Bryan Robson telah dilakukan tahun sebelumnya.

Ferguson di 2009.On 21 Mei 2008, Ferguson memenangkan kedua Piala Eropa dengan Manchester United saat mereka mengalahkan Chelsea 6-5 melalui adu penalti di Stadion Luzhniki di Moskow, setelah bermain imbang 1-1 setelah perpanjangan waktu dalam semua pertama-Inggris UEFA Champions League Final. hukuman Sebuah luput dari Cristiano Ronaldo berarti bahwa tempat John Terry tendangan akan memberikan trofi untuk Chelsea jika berhasil dikonversi, tapi Terry meniup kesempatan kemuliaan dan pada akhirnya itu Edwin van der Sar pemblokiran penalti Anelka Nicolas yang memberikan piala ke Manchester United untuk kedua kalinya di bawah Ferguson dan untuk ketiga kalinya secara keseluruhan.

Setelah memenangi Liga Champions 2007-08 Ferguson telah menyatakan bahwa niatnya untuk meninggalkan Manchester United dalam tiga tahun ke depan, yang berarti bahwa ia akan pergi pada musim panas tahun 2011 Manchester . Serikat Chief Executive David Gill bergerak cepat untuk menenangkan spekulasi tentang pensiun Ferguson tertunda.

Lain dua gelar liga dan Liga CupsAlthough tim memiliki start lambat musim 2008-09, United memenangkan Liga Premier dengan permainan untuk cadangan, membuat Ferguson manajer pertama dalam sejarah sepakbola Inggris untuk memenangkan Premier League tiga kali berturut-turut , pada dua kesempatan terpisah. Ferguson sekarang sudah memenangkan 11 gelar liga di Manchester United, dan musim 2008-09 judul keberhasilan menempatkan mereka sejajar dengan Liverpool sebagai juara liga pada rekor 18 kali secara total. Mereka juga memenangkan Piala Liga pada adu penalti setelah imbang tanpa gol Wembley dengan Tottenham Hotspur.

Mereka diperebutkan 2009 final Liga Champions melawan FC Barcelona pada tanggal 27 Mei 2009 tetapi kalah 2-0.

Setelah upacara presentasi, Ferguson mengakui bahwa ia akan tetap di United selama kesehatannya diijinkan dan dia akan senang untuk memenangkan gelar liga lagi. Hal ini akan membuat total liga United menang satu lebih dari pesaing Liverpool, menjadi pemimpin langsung di total menang.

Pada 2009-10, Ferguson ditambahkan lain Piala Liga ke daftar penghargaan sebagai United mengalahkan Aston Villa 2-1 di Wembley final pada tanggal 28 Februari 2010. Namun, mimpi tentang Piala Eropa ketiga yang berakhir beberapa minggu kemudian, ketika Serikat beringsut keluar dari persaingan di perempat final oleh Bayern Munich pada tujuan jauh. Dan harapan mereka gelar liga ke-19 telah berakhir catatan pada hari terakhir musim ketika Chelsea mengalahkan mereka untuk gelar Liga Premier, menghancurkan Wigan Athletic 8-0 dan rendering United menang 4-0 atas Stoke City berarti. Pada saat ini, beberapa surat kabar dilakukan laporan bahwa Ferguson adalah karena pensiun pada akhir musim 2010-11, tetapi ia menyangkal desas-desus ini dan bersikeras bahwa dia ingin pergi keluar pada tinggi dan tidak akan pensiun selama masa perjuangan.

Pada tanggal 8 Agustus 2010, Ferguson ditambahkan lain FA Community Shield ke daftar penghargaan sebagai United dikalahkan Chelsea 3-1 di final di Wembley. Pada tanggal 19 Desember 2010, Ferguson menjadi manajer terlama Manchester United melayani dalam sejarah, menyalip rekor Sir Matt Busby's dari 24 tahun, 1 bulan dan 13 hari yang bertanggung jawab atas klub. Dia berakhir musim ini dengan memenangkan nya 12 dan Manchester United 19 liga judul dan dengan demikian mengambil alih rekor Liverpool dari 18.

1999 testimonialOn 11 Oktober 1999, sebuah pertandingan testimonial khusus dimainkan untuk menghormati kontribusi Ferguson kepada tim. Manchester United bermain melawan tim dijuluki "Rest of the World XI", yang dikelola oleh Ottmar Hitzfeld, dengan timnya yang terdiri dari nama-nama seperti Larsson, Vialli, Cafu, Gascoigne, Weah, Schmeichel dan Cantona, tapi dengan 20 menit untuk pergi ke sana adalah pengganti massa pemain mereka, yang digantikan oleh mantan XI Serikat; Schmeichel, Parker, Blackmore, Bruce, Pallister, Darren Ferguson, Hughes, Sharpe, dan tujuh nomor tiga: Robson, Beckham, Cantona. Dunia XI memenangkan pertandingan 4-2.

ControversiesFerguson telah terlibat dalam berbagai insiden kontroversial selama karir United-nya.

Gordon StrachanIn 1999 nya otobiografi Ferguson dinyatakan Strachan "Saya memutuskan orang ini tidak bisa dipercaya satu inci - Saya tidak ingin mengekspos kembali saya kepadanya terburu-buru". Strachan reaksi terhadap serangan, in autobiografi sendiri, My Life di Football, adalah salah satu dari yang "terkejut dan kecewa", tapi tidak menuntut pencemaran nama baik, dan lebih baru-baru ini mereka telah "menyatakan sesuatu dari gencatan senjata".

David Beckham dan menarik fixingIn 2003, Ferguson terlibat dalam argumen ruang ganti dengan pemain United David Beckham., yang mengakibatkan cedera untuk Beckham, diduga disebabkan oleh Ferguson menendang boot sepak bola di frustrasi yang melanda pemain di wajah. Pada tanggal 5 April 2003, Ferguson mengklaim bahwa Liga Champions menarik itu tetap mendukung tim Spanyol dan Italia, yang mengakibatkan denda pada tanggal 1 Mei sebesar 10.000 franc Swiss (£ 4,600).

Batu GibraltarIn 2003, Ferguson melancarkan tindakan hukum terhadap pemegang saham Serikat kemudian utama John Magnier atas hak pejantan untuk lomba kuda Rock Gibraltar. Magnier kontra-menggugat Ferguson mengajukan "mosi untuk memenuhi" membutuhkan Ferguson untuk memperkuat nya. klaim atas setengah dari Rock biaya stud Gibraltar. Isu-isu hukum yang lebih diperparah dengan permintaan untuk "99 Pertanyaan" harus dijawab lebih dari urusan transfer Ferguson, termasuk Jaap Stam, Juan Verón, Tim Howard, David Bellion, Cristiano Ronaldo dan Kleberson. Kasus ini akhirnya diselesaikan luar pengadilan.

The BBC Ferguson menolak memberikan wawancara dengan BBC setelah dokumenter yang disebut Bapa dan Anak ditampilkan di televisi Inggris pada tahun 2004. Menurut sebuah artikel di koran The Independent, dokumenter telah "digambarkan putra agennya, Jason, sebagai orang yang mengeksploitasi pengaruh ayahnya dan posisi untuk tujuannya sendiri di pasar transfer." Artikel surat kabar yang sama menegaskan bahwa "Ferguson Jnr" tidak pernah ditemukan bersalah atas lalim, dan Ferguson dikutip Senior sebagai berikut:. "Mereka (BBC) melakukan cerita tentang anak saya yang seluruh banyak omong kosong Ini semua hal yang dibuat-buat dan 'kertas tas cokelat' dan segala jenis carry-on Ini adalah serangan yang mengerikan terhadap kehormatan anak saya dan ia seharusnya tidak pernah dituduh itu ".. Setiap wawancara di BBC program. seperti sebagai Match of the Day kemudian dilakukan oleh asistennya (saat ini Mike Phelan). Namun, di bawah aturan Liga Utama Inggris baru dimaksudkan untuk musim 2010-11, Ferguson tampaknya akan diminta untuk mengakhiri boikot nya BBC. Namun Ferguson telah menolak untuk mengakhiri boikot dan Manchester United akan membayar denda yang dihasilkan.



Ferguson terkenal dengan menggunakan apa pers telah disebut "permainan pikiran" dengan para manajer Premiership sesama. Pendekatan ini biasanya melibatkan membuat komentar menghina pada konferensi pers sebelum pertandingan tentang Manajer oposisi atau tim mereka. Hal ini menyebabkan beberapa pertengkaran di masa lalu dengan manajer seperti Kevin Keegan, Arsene Wenger, Rafael Benitez dan Mark Hughes.

Mengingat pinjaman playersFollowing pemecatan anak Ferguson, Darren oleh Preston North End, Sir Alex segera mengingat dipinjamkan pemain Ritchie De Laet, Joshua King dan Matthew James dari Preston di bawah sistem baru manajerial perusahaan. Alex kemudian menjelaskan bahwa itu permintaan sendiri pemain 'tidak kembali ke Preston setelah perubahan manajer. Stoke City Boss, Tony Pulis diikuti segera setelah dalam mengingat 2 mantan pemain Manchester United dari Preston juga, menyatakan perlunya pemain untuk melengkapi jadwal intensif timnya.

RefereesFerguson telah menerima berbagai hukuman untuk menyalahgunakan dan publik mengkritik pejabat pertandingan ketika ia telah dianggap mereka untuk berada di kesalahan:

20 Oktober 2003 - Dua pertandingan pinggir lapangan larangan dan didenda £ 10.000 setelah menggunakan kasar dan / atau kata-kata menghina terhadap ofisial keempat Jeff Winter.
14 Desember 2007 - Dua pertandingan pinggir lapangan larangan dan denda £ 5000 setelah menggunakan kasar dan / atau kata-kata menghina terhadap Mark Clattenburg.
18 November 2008 - Dua pertandingan larangan pinggir lapangan dan didenda £ 10.000 setelah menghadapi Mike Dean setelah permainan


12 November 2009 - Empat pertandingan larangan pinggir lapangan (dua diskors) dan didenda £ 20.000 untuk komentar yang dibuat mengenai kebugaran Alan Wiley.
16 Maret 2011 -. Lima pertandingan pinggir lapangan larangan (tiga plus dua ditangguhkan atas pelanggaran di atas) dan didenda £ 30.000 untuk komentar yang mempertanyakan kinerja dan kewajaran Martin Atkinson
Ini juga telah menyarankan bahwa intimidasi Ferguson hasil wasit di Fergie Time, yaitu, luar biasa murah hati cedera saat ini ditambahkan dalam pertandingan dimana Manchester United berada di belakang. Ungkapan setidaknya setua tahun 2004, dan analisis statistik oleh The Times menunjukkan bahwa komentar ini mungkin valid, meskipun artikel menunjukkan kriteria sepakbola lain mungkin menjelaskan hubungan antara waktu ditambahkan ekstra dan Serikat berada di belakang.
(Legacy membutuhkan akurasi data)

Salah satu tema yang berulang dari manajemen Ferguson dari Manchester United telah pandangannya bahwa tidak ada pemain lebih besar dari klub. Dia secara konsisten mengambil "jalan saya atau jalan raya" pendekatan dalam berurusan dengan pemain dan tekanan ini taktik manajemen sering menjadi penyebab keberangkatan banyak pemain terkemuka. Selama bertahun-tahun pemain seperti Gordon Strachan, Paul McGrath, Paul Ince, Jaap Stam, Dwight Yorke, David Beckham, Ruud van Nistelrooy dan Gabriel Heinze telah meninggalkan klub setelah berbagai tingkat konflik dengan Ferguson. Hal ini juga menyarankan bahwa salah satu pemain paling inspiratif dalam sejarah klub, Roy Keane, adalah korban dari murka Ferguson memberatkan berikut kritik dari teman satu timnya di saluran televisi di-rumah klub, MUTV. Baris ini disiplin bahwa ia mengambil dengan tinggi seperti dibayar, pemain high-profile telah dikutip sebagai alasan bagi keberhasilan berkelanjutan dari Manchester United.

Pribadi lifeFerguson tinggal di Wilmslow, Cheshire, bersama istrinya, Cathy Ferguson, Lady Ferguson (née Holding). Mereka menikah pada tahun 1966 dan memiliki tiga putra: Markus (lahir 1968) dan kembar (lahir 1972) Darren, manajer saat Peterborough United dan mantan manajer Preston North End, dan Jason, yang menjalankan sebuah perusahaan manajemen peristiwa.

Pada tahun 1998, Ferguson dinamai dalam daftar negara donor terbesar keuangan swasta untuk Partai Buruh. Ia juga pemilih Buruh seumur hidup.

HonoursPlayerSt. Johnstone
Skotlandia Football League Divisi 2 (2nd tier) (1): 1962-1963
Skotlandia Football League Divisi 2 (2nd tier) (1): 1969-1970
(membutuhkan akurasi tambahan data)
Ferguson membuat dilantik Perdana dari bahasa Inggris Football Hall of Fame pada tahun 2002 sebagai pengakuan atas dampak nya pada permainan Inggris sebagai manajer. Pada tahun 2003, Ferguson menjadi penerima perdana FA Coaching Diploma, diberikan kepada semua pelatih yang memiliki pengalaman minimal 10 tahun menjadi seorang manajer atau pelatih kepala.
Dia adalah Wakil Presiden National Football Museum, yang berbasis di Preston, dan anggota Komite Eksekutif Asosiasi Manajer Liga, dan manajer hanya untuk memenangkan liga kehormatan atas dan Double utara dan selatan Inggris-Skotlandia perbatasan (memenangkan Liga Premier dengan Manchester United, dan Divisi Premier Skotlandia dengan Aberdeen).
Dia telah memenangkan 47 trofi sebagai manajer yang membuatnya manajer sepak bola paling sukses dalam sejarah Inggris.
St Mirren
Skotlandia Divisi Pertama (1): 1976-1977
Aberdeen
Divisi Premier Skotlandia (3): 1979-80, 1983-84, 1984-85
Piala Skotlandia (4): 1981-82, 1982-83, 1983-84, 1985-86
Liga Skotlandia Cup (1): 1985-1986
UEFA Cup Winners 'Cup (1): 1982-1983
UEFA Super Cup (1): 1983
Manchester United
Premier League (12): 1992-93, 1993-94, 1995-96, 1996-97, 1998-99, 1999-2000, 2000-01, 2002-03, 2006-07, 2007-08, 2008-09, 2010-11
FA Cup (5): 1989-90, 1993-94, 1995-96, 1998-99, 2003-04
Piala Liga (4): 1991-92, 2005-06, 2008-09, 2009-10
FA Charity / Community Shield (9): 1990 (shared), 1993, 1994, 1996, 1997, 2003, 2007, 2008, 2010
UEFA Champions League (2): 1998-99, 2007-08
UEFA Cup Winners 'Cup (1): 1990-1991
UEFA Super Cup (1): 1991
Intercontinental Cup (1): 1999
FIFA Club World Cup (1): 2008
Penulis IndividualFootball Asosiasi Tribute Award: 1996
Mussabini Medal: 1999
UEFA Champions League Manager of the Year: 1998-1999
BBC Olahraga Kepribadian Penghargaan Pelatih Tahun: 1999
BBC Olahraga Kepribadian Penghargaan Tim Tahun: 1999
IFFHS Club Pelatih Tahun: 1999
LMA Manager Dekade ini: 1990
LMA Khusus Merit Award: 2011
Olahraga Dunia Laureus Award untuk Tim Tahun: 2000
BBC Olahraga Kepribadian Penghargaan Lifetime Achievement Tahun: 2001
Sepak bola Inggris Hall of Fame: 2002
Onze d'Or Coach of the Year (2): 1999, 2007
Pemain sepak bola Profesional Asosiasi Merit Award: 2007
Tim UEFA Tahun (2): 2007, 2008
Premier League 10 Seasons Awards (1992 / 3 - 2001 / 2)
Manajer Dekade yang
Kebanyakan Pelatihan Penampilan (392 game)
Liga Premier Manager of the Year (10): 1993-94, 1995-96, 1996-97, 1998-99, 1999-2000, 2002-03, 2006-07, 2007-08, 2008-09, 2010-11
Liga Premier Manager dari Bulan (25): Agustus 1993, Oktober 1994, Februari 1996, Maret 1996, Februari 1997, Oktober 1997, Januari 1999, April 1999, Agustus 1999, Maret 2000, bulan April 2000, Februari 2001, April 2003, Desember 2003, Februari 2005, Maret 2006, Agustus 2006, Oktober 2006, Februari 2007, Januari 2008, Maret 2008, Januari 2009, April 2009, September 2009, Januari 2011
LMA Manager of the Year (3): 1998-99, 2007-08, 2010-11
World Soccer Majalah World Manager of the Year (4): 1993, 1999, 2007, 2008
Pesanan dan awardsOfficer khusus Ordo Kerajaan Inggris (OBE): 1983
Panglima Ordo Kerajaan Inggris (CBE): 1995
Knight Bachelor: 1999




Tidak ada komentar:

Posting Komentar