12 Mei 2012

EVAKUASI KORBAN (JOY FLIGHT SHUKOI SSJ 100)



Tim SAR dibantu sejumlah anggota TNI membawa kantong jenazah korban pesawat Sukhoi Superjet-100 di Pasir Pogor, Cijeruk, Sabtu 12 Mei 2012. Korban langsung diterbangkan menuju Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta.
Hingga kini, sudah ada sembilan kantong jenazah yang sudah tiba di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Direktur Eksekutif Tim Disaster Victim Identification Anton Castilani menegaskan proses identifikasi korban baru bisa dilakukan setelah seluruh proses evakuasi dan pengangkatan jenazah dinyatakan selesai.

Untuk saat ini, tahapan yang bisa dilakukan DVI baru sebatas memberikan tanda pada masing-masing kantong jenazah yang datang.
Anton mengatakan, usai seluruh kantong jenazah dinyatakan lengkap dan tidak ada lagi tubuh korban di lokasi musibah, barulah kantong-kantong itu dicocokkan dengan data dari keluarga yang sudah diberikan di posko Halim.

Data-data yang bakal dihimpun oleh tim DVI itu adalah data gigi, DNA, sidik jari, hingga properti para korban.

Setelah kantong jenazah dianggap lengkap, Tim DVI akan mengelompokkannya menjadi 45 kantong sesuai dengan jumlah penumpang Sukhoi. Jadi, dapat dipastikan, nantinya pengembalian jenazah ke keluarga akan dilakukan bersamaan.
(berbagai sumber berita)